Kamis, Maret 10, 2022

 Demi minyak goreng sampai ada yang rela menempuh jauhnya jarak perjalanan.


Demi minyak goreng ada yang rela terjepit, didorong, berdesak-desakan dan rebutan.


Demi minyak goreng ada yang rela menunggu di depan toko hingga berjam-jam lamanya.


Demi minyak goreng ada yang rela antri panjang dari pagi hingga siang,


Jika kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng saja sudah cukup membuat banyak orang panik dan khawatir, lalu bagaimana jika kelak terjadi kelangkaan pangan selama tiga tahun sebelum dajjal keluar ?


Ketika Dajjal menjelang muncul, kaum muslimin ditimpa bala’ yang amat berat. Bumi kering karena hujan tidak kunjung turun. Tanaman banyak tidak tumbuh, hewan-hewan ternak banyak yang mati, Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits,


وَإِنَّ قَبْلَ خُرُوجِ الدَّجَّالِ ثَلاَثَ سَنَوَاتٍ شِدَادٍ يُصِيبُ النَّاسَ فِيهَا جُوعٌ شَدِيدٌ يَأْمُرُ اللَّهُ السَّمَاءَ فِى السَّنَةِ الأُولَى أَنْ تَحْبِسَ ثُلُثَ مَطَرِهَا وَيَأْمُرُ الأَرْضَ فَتَحْبِسُ ثُلُثَ نَبَاتِهَا ثُمَّ يَأْمُرُ السَّمَاءَ فِى السَّنَةِ الثَّانِيَةِ فَتَحْبِسُ ثُلُثَىْ مَطَرِهَا وَيَأْمُرُ الأَرْضَ فَتَحْبِسُ ثُلُثَىْ نَبَاتِهَا ثُمَّ يَأْمُرُ اللَّهُ السَّمَاءَ فِى السَّنَةِ الثَّالِثَةِ فَتَحْبِسُ مَطَرَهَا كُلَّهُ فَلاَ تَقْطُرُ قَطْرَةٌ وَيَأْمُرُ الأَرْضَ فَتَحْبِسُ نَبَاتَهَا كُلَّهُ فَلاَ تُنْبِتُ خَضْرَاءَ فَلاَ تَبْقَى ذَاتُ ظِلْفٍ إِلاَّ هَلَكَتْ إِلاَّ مَا شَاءَ اللَّهُ ». قِيلَ فَمَا يُعِيشُ النَّاسَ فِى ذَلِكَ الزَّمَانِ قَالَ « التَّهْلِيلُ وَالتَّكْبِيرُ وَالتَّسْبِيحُ وَالتَّحْمِيدُ وَيُجْرَى ذَلِكَ عَلَيْهِمْ مَجْرَى الطَّعَامِ


“Sesungguhnya tiga tahun sebelum munculnya Dajjal, adalah waktu yang sangat sulit, di mana manusia akan ditimpa oleh kelaparan yang sangat, Allah akan memerintahkan kepada langit pada tahun pertama untuk menahan sepertiga dari hujannya, dan memerintahkan kepada bumi untuk menahan sepertiga dari tanaman-tanamannya. Dan pada tahun kedua Allah akan memerintahkan kepada langit untuk menahan dua pertiga dari hujannya dan memerintahkan kepada bumi untuk menahan duapertiga dari tumbuh-tumbuhannya. Kemudian di tahun yang ketiga, Allah memerintahkan kepada langit untuk menahan semua air hujannya, maka ia tidak meneteskan setetes air pun dan Allah memerintahkan kepada bumi untuk menahan semua tanaman-tanamannya, maka setelah itu tidak dijumpai satu tanaman hijau yang tumbuh dan semua binatang yang berkuku akan mati, kecuali yang tidak dikehendaki oleh Allah.” Kemudian para sahabat bertanya, “Dengan apakah manusia akan hidup pada saat itu?” Beliau menjawab, “Tahlil, takbir dan tahmid akan sama artinya bagi mereka dengan makanan.”[Shohihul Jaami’, 7875]


Karena itu mulai dari sekarang belajar untuk makan seadaanya, latih perut untuk menahan lapar dan perbanyak puasa, sebab akan datang satu zaman dimana tidak akan ada lagi bekal makanan dan yang tinggal waktu itu hanya dzikir saja yang dapat mengenyangkan perut.


 والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ


✍ Habibie Quotes, 09/03/2022

Ig - www.instagram.com/habibiequotes_

Tg - https://t.me/habibiequotes

PRASANGKA

 PRASANGKA


Katanya sakit,tapi kok keluyuran

~ mungkin dia terpaksa keluar rumah karena anaknya butuh makan dan tidak ada yang bisa diminta bantuan.


Katanya sibuk tapi koq ONLINE

- mungkin dia sedang membalas chat yg penting dari anaknya,  orgtuanya atau saudaranya. Atau rekan bisnisnya. 


Katanya gak punya uang, tapi kok bisa liburan, makan di restoran, pakai baju mahal 

~ mungkin ada yang membiayai perjalanannya, mentraktir makan dan menghadiahinya pakaian mahal


Ibadah kok pamer!

~ eh tahu nggak, ada banyak sahabat mayanya terinspirasi untuk melakukan  hal yang sama setelah membaca kisahnya


Sediakan ruang yang luas dalam hatimu untuk berprasangka baik..

Siapkan berjuta alasan untuk  berprasangka baik pada sesama.

Habib Abu Bakar Assegaf Gresik, biasa disapa sapa Habib Bakar. Beliau adalah cucu Wali Qutub Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik. Habib Bakar ini dikenal wali jadzab.

 Repost


Amplop Sang Wali


Namanya Habib Abu Bakar Assegaf Gresik, biasa disapa sapa Habib Bakar. Beliau adalah cucu Wali Qutub Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik. Habib Bakar ini dikenal wali jadzab. 



Dalam kesehariannya, Habib Bakar tidak sebagaimana seorang ulama’, bahkan tidak sedikit yang melihatnya orang biasa-biasa saja. Karena tak ada pakaian kebesaran yang melekat, sehingga mengenalinya memang tidak mudah.


Pda suatu hari, ada seorang tukang becak sedang bersedih karena menanggung beban hidup yang makin sulit. Sebut saja namanya Pak Imam. Selesai habis Subuh, Pak Imam langsung mangkal di tempat perjuangannya mengayuh becak, berharap segera ada penumpang datang. Pak Imam terus terngiang pesan istrinya, bahwa hari ini jatuh tempo bayar hutangnya dan bayar sekolah anaknya.


Tiba-tiba, datanglah Habib Bakar dari arah depannya dan langsung naik di atas becak Pak Imam. Tanpa sepatah katapun, Habib Bakar sambil menunjuk arah dengan jemarinya yang menandakan bahwa beliau minta diantar di arah tersebut.


Pak Imam termasuk sosok tukang becak yang sangat cinta para habaib. Dengan sangat bahagia, Pak Imam segera mengayuh becaknya sesuai petunjuk Habib Bakar. Di tengah mengayuh becaknya, Pak Imam ingat kebiasaan Habib Bakar dalam merokok. 


Uang seadanya di sakunya dibelikan rokok untuk Habib Bakar, wujud penghormataan Pak Imam kepada cucu Rasulullah. Padahal, itulah uang terakhir di sakunya yang mau digunakan untuk sarapan. Tapi kecintaannya kepada cucu Rasulullah tak bisa dibendung.


Perjalanan becak kembali dilanjutkan. Tiba-tiba, ada mobil yang menyalib dan memberhentikan becak Pak Imam. Kaget dan sangat khawatir, karena Pak Imam baru membawa Habi Bakar.


Lima orang bersorban dan bergamis turun dari mobil. Mereka mengucapkan salam dan mencium tangan Habib Bakar. Salah satu dari rombongan itu mengeluarkan amplop tebal dan memberikannya kepada Pak Imam. Ragu dan kaget, Pak Imam merasa bingung seolah sedang di alam mimpi.


“Pak, terimalah amplop ini. Jangan ragu, ini rizki bapak. Bapak sangat membutuhkannya,” tegasnya.


Habi Bakar seketika turun dari becak itu dan memberikan isyarat kepada Pak Imam agar menerima amplop itu. Habib Bakar lalu ngeloyor pergi dengan jalan kaki tanpa sepatah katapun.

Tuan Guru Muaz Hamid Pesayangan

TAWADHU

__________

Tuan Guru Muaz Hamid Pesayangan Martapura(83 tahun).



Guru Muaz adalah salah satu ulama sepuh di kota Martapura. Beliau masih aktif mengisi pengajian di rumah pada Rabu Malam dan Jumat pagi untuk jamaah laki-laki serta Selasa pagi untuk jamaah perumpuan.


Sebelumnya, Guru Muaz tercatat sebagai pengajar di Pondok Pesantren Darussalam. Namun karena usia dan alasan kesehatan, beliau kemudian memutuskan untuk istirahat mengajar di Pondok Pesantren tertua di Kalimantan Selatan tersebut.


Selain aktif mengisi pengajian di rumah, Guru Muaz juga menjadi pengajar bagi kedua putra Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul). H. Muhammad Amin Badali dan H. Ahmad Hafi Badali.


Beliau juga rutin hadir di majelis maulid di mushalla Ar Raudhah Sekumpul.


Diceritakan oleh Guru Muaz (Martapura), Suatu hari, Abah Guru Sekumpul dalam perjalanan menuju Musholla ar Raudhah untuk mengisi pengajian rutinan beliau setiap hari minggu. Majelis ini dihadiri oleh puluhan ribu jamaah yang berasal dari luar daerah.


Ditengah perjalanan itulah, Abah Guru Sekumpul berdo'a, mengangkat tangan berdo'a kepada Allah dengan do'a : "Ya Allah, dengan berkat jamaah yang banyak ini, ampuni dosa ulun, keluarga ulun, anak angkat ulun, tetangga ulun, ampuni dosa seluruh ummat islam dan selamatkanlah kami dunia akhirat".


Abah Guru Sekumpul menganggap, semua jamaah yang hadir itu orang yang baik, karena yang datang ini semuanya ikhlas, tidak diundang dan tidak dibiayai. Mereka datang masing-masing dengan biaya sendiri. Dengan berkat jamaah banyak yang ikhlas hadir itu lah Abah Guru Sekumpul bertawassul dan mengharap berkat.


Padahal yang hadir ini ingin belajar kepada Abah Guru Sekumpul. Tapi betapa rendah hati nya Abah Guru Sekumpul, hingga beliau mengganggap jamaah yang hadir itu lebih baik dari pada diri beliau sendiri, hingga Abah Guru Sekumpul minta berkat kepada jamaah yang ikhlas tadi agar diampuni dosa.


Hakikat dari sikap tawadhu adalah berusaha memandang orang lain selalu lebih baik dari kita, karena inilah lawan dari rasa sombong yaitu merendahkan manusia.


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,:


لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِيْ قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُوْنَ ثَوْبُهُ حَسَناً وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قاَلَ: إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ


“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan seberat debu. Ada seorang yang bertanya, ‘Sesungguhnya setiap orang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus (apakah ini termasuk sombong?)’.


Rasulullah bersabda: ‘Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain’.” (HR. Muslim no. 91).


Mudah-mudahan kita dapat mencotoh sikap dan perbuatan guru-guru kita wabil khusus kepada Abah Guru Sekumpul. 

Mudahan dosa kesalahan kita dzohir batin diampuni Allah SWT. Selamat dunia akhirat Masu surga bighoiri hisab. 

Minta ampun minta rela minta ridho dunia akhirat. 

آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن 

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﷺ

8 ( Delapan ) Keluarga Besar di Barabai ( Alai) Kalimantan Selatan

 Bismillahirahmanirahim.


Andin Alfigenk Ansyarullah Naim

biasa saja.


8 ( Delapan ) Keluarga Besar di Barabai ( Alai) Kalimantan Selatan

  

Delapan Keluarga Besar di Barabai (Alai) Kalimantan Selatan*

Bismillahirahmanirahim.


Jika anda orang Barabai atau keturunan Barabai mudah-mudahan hal ini akan mempererat silaturahmi, berikut adalah penjelasannya:


1. Keluarga Besar Mesjid Keramat Desa Palajau di Pandawan


Menurut buku sejarah mesjid ini yang ditulis berdasarkan tutur temurun adalah didirikan utusan dari kerajaan Demak diawal pengislaman kerajaan banjar, salah seorang utusan itu yang namanya bernuansa arab bermukim dan mendirikan Mesjid Keramat Palajau, sewaktu mesjid dipugar ditemukan sebuah silsilah yang ditulis dengan bahasa arab yang menyatakan pendiri mesjid (biasa disebut Datu Palajau) adalah seorang keturunan Demak, (kemungkinan seorang yang berkerabat dengan para Wali Songo jika dilihat dari nama yang berbahasa Arab), ada sebuah tombak yang sewaktu pemugaran dijual untuk biaya pemugaran, dan ada juga pedang bertuliskan arab dan tanggal tahun pembuatannya dipercaya dari demak yang disimpan oleh salah satu keturunan Palajau. Beberapa keluarga masih menyimpan beberapa benda antik peninggalan keluarga yang sebagian berkerabat jauh dengan keluarga kerajaan Banjar.


Sebagian orang mengatakan Palajau adalah kampung asal dari Barabai, kenyataan yang benar adalah bahwa daerah Barabai yang dulu bernama berdasarkan nama Sungai Labuan Amas dan Batang Alai memang pernah dipimpin oleh beberapa keturunan Palajau, kota Barabai sendiri dibangun oleh Belanda. sebut saja Kiai Martapati puncuk pimpinan wilayah labuan amas di masa kerajaan banjar, salah satu petinggi dalam kerajaan banjar, dan cucunya ki demang Yudha Negara ditahun 1800 adalah pemimpin labuan amas semasa hindia belanda, kemudian diteruskan anaknya Kiai Ahmad Dahlan diawal abad 20 yang pemimpin daerah Batang Alai, kemudaian salah satunya anaknya Kiai Syarkawi menjadi gubernur Kalimantan selatan ditahun lima puluhan. saya juga pernah melihat silsilah yang namanya Tumenggung kertanegara, kemungkinan ayah atau kakek dari kia martapati yang menjadi salah seorang mantra sikap kerajaan banjar.


Kiai Martapati diyakini bermukim di palajau, dan keturunannya banyak di Palajau, Mahang dan Pandawan, sebagian keluarga beliau ada di Banua Kupang seperti yang menjadi pambakal (kepala desa) yang bergelar ki Ngabi Kerta Negara dan ada juga yang di Amuntai ki Ngabi Wira Kerta Negera. Salah seorang perempuan keturunan dari kiai Martapati menikah di amuntai yang salah satu keturunannya yang terkenal sebagai pemimpin amuntai waktu itu Tumenggung Yuda Negara, sebagian keturuan mereka menempati posisi penting dikalimantan selatan.


Jaringan keluarga ini tersebar di barnyak baik dari laki-laki maupun perempuan, seperti Birayang, Rangas, Wawai, dan Lok Besar, juga ada di Pantai Hambawang. Keluarga ini dahulu sangat banyak menurunkan ulama, sampai sekarang saya masih mengenal beberapa ulama keturunan mereka. Beberapa sangat terkenal dimasanya, bahkan ada yang menjadi Qadi di Martapura (Martapura merupakan ibukota Kerajaan Banjar dan sekarang menjadi Pusat santri di Kalimantan)


Keluarga ini juga mempunyai kekerabatan dengan keluarga kerajaan Banjar, ini terlihat dari nama-nama mereka yang mempunyai gelar Andin, (jika istrinya dari keturunan bangsawan banjar yang bergelar Gusti atau Antung, dan suaminya orang biasa, makanya anaknya dapat di beri gelar Andin, atau Nanang atau Anang untuk laki-laki dan Galuh untuk perempuan, gelar ini selanjutnya tidak dapat diturunkan lagi)


Dijaman perang Banjar, Pangeran Hidayatullah pernah bermukim di Palajau, dan ketika pasukan Belanda mendekat atau lewat Mesjid di Desa Palajau ini maka mereka menjadi muntah darah, hal ini lah yang membuat mesjid itu kemudian diberi nama Mesjid Keramat.


2. Keluarga besar Mesjid Al-A’la di desa Jatuh di Pandawan


Desa jatuh sangat berdekatan dengan palajau, tapi berbeda sungai, kampung selalu saja berada di dekat dan pinggiran sungai, ini adalah ciri khas pemukiman Banjar dan Dayak.


Dalam buku sejarah, seorang pahlawan perang banjar yang terkenal Penghulu Muda Yuda Lelana, berhasil beberapa kali mematahkan dan bahkan membunuh perwira pasukan belanda ketika menyerang Desa jatuh. Cucu bunyut dari Penghulu Muda Yuda Lelana mengakui bahwa mereka keturunan dari pengIslam pertama dari Demak diwilayah kerajaan banjar, kemungkinan memang satu rombongan dengan datu palajau. Ada sebuah panji-panji yang kirim oleh syarif mekkah melalui perantara seorang sayyid untuk diberikan untuk mesjid al-A’la, menurut seorang arkeolog asing yang datang bersama dengan DR. Alfani Daud memperkirakan bahwa panji-panji itu berumur 300 ratus tahun, dan mesjid sudah berdiri disana jauh sebelum panji-panji itu ada. Sebuah Al-Quran tulisan tangan masih disimpan oleh sebuah keluarga di desa Kambat.


Keluarga Jatuh ini banyak menurunkan Ulama di Barabai hingga saat ini,  sebuah makam berkubah didepan mesjid Agung Barabai dijalan Antasari adalah keturunan jatuh juga. keluarga ini tersebar di Jatuh, pematang, batu Mandi, . Dan beberapa daerah lain.


3. Keluarga kampung Kadi Kampung kadi yang terletak dikota barabai, di sisi sungai barabai, sebuah kampung kecil yang sangat terkenal, kampung ini disebut dengan kampung kadi karena dahulu menjadi tempat pemukiman para Qadi. banyak ulama dan tokoh yang berasal dari kampung ini, mesjid Shulaha salah satu mesjid tua dan terbesar di barabai dan juga menjadi ikon kota barabai terletak dikampung ini, mesjid ini menurut catatan yang diketahui dibangun pada tahun 1820-1860, mesjid juga sudah berpindah tempat lebih kurang empat kali disekitar lokasi saat ini. tokoh kampung Kadi adalah Kiai Dipansanta, salah satu cucunya dari garis laki-laki yang terkenal Datu landak yang menjadi salah seorang pendiri mesjid Al-Karamah Martapura dan anak beliau Tuan guru Abdurahman Siddik yang terkenal juga dengan nama Datu Sapat di sumatera tepatnya di Indragiri hilir atau Tambalihan, riau, diberitakan bahwa datu sapat pernah datang ke kampung kadi ketika beliau mencatat silsilah untuk mengarang kitan Sajaratul Arsyadiyah. siapa sebenarnya Kiai Dipasanta masih menjadi misteri, ada yang mengatakan beliau merupakan seorang pangeran yang berasal dari  Sumedang jawa, ada juga yang menduga beliau salah satu keluarga dari Palajau, karena gelar Kiai dan kekuasaan biasanya dipegang keluarga palajau pada saat itu, pendapat kedua sepertinya lebih mendekati. Dikampung kadi juga terdapat beberapa keturunan syekh Arsyad al-banjari yang dahulu bertugas sebagai Qadi, dikampung kadi banyak terjadi kawin percampuran antara keluarga-keluarga besar barabai.


4. kemudian keluarga desa Mandingin


Kemudian keluarga desa Mandingin, saya tidak dapat melacak garis silsilahnya, saya menduga ada kaitan dengan keluarga Jatuh, tapi ada salah satu turunan yang mengatakan bahwa ada kaitan dengan keturunan dari Amuntai ( Kabupaten Hulu sungai Utara) dan Pendiri mesjid Pusaka Banua Lawas , Kalua , Tanjung kabupaten Tabalong, namun ada juga sebuah keluarga yang berpendapat ada kaitan dengan perantau Arab dari manrga tertentu dari silsilah keluarga mereka, tidak ada yang pasti memang namun itu bukan masalah penting dalam hal ini. tidak ada catatan silsilah yang tersisa, hal ini dikarenakan keturunan di Mandingin saat ini kebanyakan adalah perempuan, sedangkan laki-lakinya hampir semuanya merantau.


mesjid yang ada di Mandingin diperkirakan berumur seratus tahun lebih dan salah satu yang terbesar dijamannya dan juga salah satu yang paling tua di Barabai. Sebelum Mesjid ini dibangun sudah ada mesjid yang dibangun disebelah hulu desa yang berada dipinggir sungai, namun mesjid dirobohkan, baru kemudian warga membangun lagi mesjid baru ditempat sekarang.


Menurut cerita orang tua, ketika shalat jumat, disepanjang shaf depan hanya di isi oleh para Tuan Guru, puluhan orang jumlahnya, dikampung mandingin juga banyak ditemukan makam yang berkubah.


keturunan Mandingin ada beberapa yang menyebar ke desa lain, seperti kampung Sasak Barabai, Pajukungan ( pendiri mesjid Pajukungan), Kubur Jawa, sumanggi Ilung, Muara rintis Ilung, bahkan Lampihong di Kabupaten Balangan, salah satu pendiri IAIN Antasari KH.Abdurahhman Ismail MA adalah asli Mandingin, salah satu orang Banjar pertama Yang meraih gelar S2 Master of art dari Universitas Al-azhar Mesir pada jaman kolonial Belanda. Beberapa ulama juga mengambil istri orang Mandingin, salah satu keturunannya yang juga terkenal adalah Nasrullah Jamaluddin.Lc imam mesjid istiqlal Jakarta, ibunya orang mandingin, ayahnya Jamaludin adalah keturunan syech Arsyad dari Negara daha.


Dimandingin dapat di temui banyak makam Ulama yang Berkubah dan berbalambika (balambika adalah tumpukan tanah yang meninggi, suatu ciri Khas dari daerah daerah Banjar adalah adalah Makam yang ditumbuhi tanah seperti sarang anai-anai atau rayap yang semakin hari semakin besar, bahkan ada yang sampai dua meter tingginya, makam ditumbuhi balambika hampir selalu adalah makam Ulama atau orang-orang baik dan alim semasa hidupnya, dan tidak ada makam seorang yang buruk perilaku semasa hidupnya mempunyai makam yang ditumbuhi balambika, saya akan mengulas hal ini dilain kesempatan) . 


Cirri-ciri fisik dari keturunan mandingin yang tersisa di Mandingin saat ini laki-lakinya kebanyakan bertubuh besar, tinggi dan kekar. Dan perempuannya berparas cantik. Sangat disayangkan Tidak ada catatan tentang sejarah mandingin. 


5. Keturunan syekh Arsyad al-Banjari di Desa Kahakan, Kalibaru, dan Aluan di kecamatan Batu Benawa Pagat


Seorang Tuan Guru tua terkenal dan dihormati di Barabai mengakui bahwa beliau adalah keturunan ke 7 atau 8 dari syeck Arsyad, tetapi nasabnya tidak tercatat. Jika selama ini orang-orang hanya mengenal kampung kadi sebagai basis keturunan dari syekh Arsyad di Barabai, maka pasti akan sedikit terkejut mendengar hal ini. (keturunan Syekh Arsyad menyebar keseluruh Indonesia dan Asia Tenggara)


Jika kita ingin memasuki daerah Aluan, dari arah Barabai menuju tempat wisata Pagat Batu Benawa , ketika melewati jembatan, maka belok kiri langsung, anda sudah memasuki daerah Aluan, jika anda terus saja menuju utara, maka anda akan menemui desa Kahakan, Bandang, Kalibaru dan terus ke desa Tanah Habang dan jika terus maka akan menembus Birayang di kecamatan Batang Alai selatan, apabila menyeberang padang sawah dari Desa Bandang maka akan tembus ke desa Paya atau Simpang Mahar, dibelakang Aluan adalah bukit-bukit dari pegunungan meratus.


Sepanjang jalan anda akan menemui beberapa makam yang berkubah, ada beberapa beberapa makam yang dipugar sangat bagus. Daerah Aluan dan Kalibaru merupakan daerah terkenal karena ulama-ulamanya diwaktu dulu, daerah ini memang dekat dengan anak sungai Barabai dan sungai Barabai sendiri, di desa Kahakan ada sebuah langgar keramat yang sering diziarahi dan makam yang di pugar oleh penyadang dana dari Martapura.


Seorang teman mengatakan bahwa salah satu cucu dari syekh arsyad diutus kedaerah ini untuk berdakwah, maka keturunanya lah yang banyak menjadi ulama, bahkan sampai sekarang, ini salah satu keluarga berpengaruh, meski kenyataannya hanya sedikit yang tahu asal usul keturunan mereka.


Ada cerita menarik, salah satu keturunan desa kahakan menjadi tentara dimasa-masa awal kemerdekaan, dan ditugaskan di kota Pangkalanbun, disana beliau menikahi seorang Putri raja Kotawaringin, dan mempunyai dua orang putri.


Tokoh yang mungkin terkenal dari keturunan keluarga ini saat ini adalah Ketua KPU Prof. Hafiz Ansyari.


Sebenarnya ada keluarga lain lagi, seperti keluarga kampung kadi dan kampung kopi yang merupakan keturunan syekh arsyad, tapi keluarga ini datang kemudian dan terpisah dari keluarga aluan. saat ini, keluarga ini sangat terkenal dibarabai, dengan para Qadi jaman dulu yang bermukim disana, dan komplek pesantren kitun disebelahnya, tempat pengajian paling ramai diBarabai.


6. Keturunan keluarga besar Desa Pamangkih Kecamatan Kasarangan


Pesantren Ibnul Amin Pamangkih sangatlah terkenal dan mempunyai alumni yang tersebar diseluruh Indonesia, pesantren terbesar di Barabai dan terbesar kedua di Kalimantan selatan.


Menurut teman saya orang Amuntai keturunan pamangkih mengatakan bahwa dia adalah keturunan ketujuh dari seorang ulama Jawa yang datang berdakwah dan menetap dipamangkih setelah belajar di Mekkah. Diperkirakan ulama tersebut sejaman dengan syekh Arsyad Al-Banjari.


Keluarga ini sangat berpengaruh saat ini, menurunkan banyak ulama disepanjang daerah Pantai Hambangan dan Kasarangan sampai Sungai Buluh dan bahkan ke Amuntai.


Pesantren Ibnul amin adalah manisfentasi dari jaringan keturunan ulama Pamangkih ini.


7. Keluarga pagustian


Desa Binjai Pirua di kecamtan Kasarangan yang bersebelahan dengan Desa Pamangkih merupakaan Pusat keluarga pagustian Dibarabai, disana masih banyak ditemui orang bergelar kebangsawanan seprti Gusti, Antung, nanang dan Galuh, mereka adalah keturunan keluarga bangsawan dari kerajaan Banjar, meskipun pengaruh mereka kurang terlihat di Barabai saat ini, dimasa lalu keluarga ini adalah keluarga berpengaruh diseluruh wilayah kerajaaan, setelah perang Banjar jatah pengaruh mereka merosot. dahulu mereka menyenangi melakukan perkawinan dengan keluarga palajau yang mereka anggap sebagai keluarga keturunan Andin yang juga berdarah Bangsawan.


saya mendengar beberapa keluarga pagustian ada di desa Pagat dan desa Aluan Batu Benawa.


Komplek Maqam Khusus Pegustian ada di desa binjai pirua, ada juga keturunan Pagustian Binjai Pirua ini yang berkubur di bukat seberat dekat perbatasan dengan kampung kadi, ada juga sebuah kubur seperti diperbatasan antara desa Tanah Habang dan Kalibaru, dipinggir jalan di yang sepanjang jalannya adala kebun karet, ada sebuah makam berkubah sangat bagus. Juga ada makam Syech mubarak di desa mahang sungai hanyar, syech Mubarak atau Pangeran Kacil merupakan anggota keluarga Pagustian, keturuannya ada di Binjai piura di kecamatan kasarangan, dan juga sebagian ada di Bukat seberang ( lurus dari Kampung Kadi).


8. Keluarga Habaib atau alawiyin


Keluarga ini diperkirakan datang ke barabai pada akhir tahun 1800, seorang yang sangat terkenal dari keluarga ini adalah Habin Alwi al-Habsy, seorang mantan kapten Arab di Banjarmasin, dan kemudian bermukim di Barabai, beliau lah yang membangun pasar Batu di Barabai, beliau juga sempat memimpin Barabai dimasa transisi kemerdekaan, beliau juga yang menyambut Soekarno ketika berkunjung ke Barabai. Keluarga Habaib kebanyakan bermukim di Kota Barabai, khususnya di Kampung Arab.


Habaib Alwi Al-Habsy menikahi seorang perempuan dari keturunan Banua Kupang.


Keturunan keluarga ini juga kembali merantau ke daerah lain, seorang tokoh terkenal saat ini dimartapura adalah HabibAli Al-Habsy, beliau keturunan habaib Barabai, beliau tokoh keuangan mikro syariah.


------------------------------------------------


tujuh keluarga pertama adalah adalah keluarga asal yang sangat berpengaruh di Barabai pada jamannya, mereka saling melakukan silaturahmi dengan perkawinan antar anak cucu mereka. Dikayini 70 persen penduduk barabai saat ini mempunyai jaring kekerabatan baik dari laki-laki dan perempuan dari keluarga ini. Sebagian mengetahui dan sebagian lagi tidak mengetahui . Sayangnya hampir diseluruh keluarga ini tidak tidak terdapat catatan silsilah yang baik. Bisa jadi ini dikarenakan bahwa penulisan silsilah dijaman dulu tidak begitu diperhatikan dan tidak dianggap hal penting, seiring jaman tali silaturahmi semakin pudar, meski sebagian keluarga saat ini mulai kembali mencatat silsilahnya dan membentuk organisasi silaturahmi keluarganya.


Yang menjadi perhatian adalah jaring ulama yang sangat bagus, jalur pendidikan yang kebanyakan di tempuh secara turun temurun di kota Mekkah menjadikan Barabai merupakan salah satu gudang intelektual Ulama dari dahulu sampai sekarang, menyaingi martapura dan amuntai, sebagian terdapat jariangan keilmuan juga, dan tentunya ada pola berpikir yang sedikit berbeda dengan daerah martapura.


Selain itu, hal ini juga memperanguhi orang Barabai pada umumnya, orang Barabai terkenal dengan etos belajar yang tinggi dan baik, hal ini dibuktikan banyaknya orang Barabai yang menduduki posisi strategis di pemerintahan dan juga guru-guru diseluruh Kalimantan Selatan, kalimantan Tengah dan kalimantan Timur, sebagian malah berhasil menjadi menteri di awal kemerdekaan, orde lama dan orde baru, dan orde reformasi. Saya melihat etos belajar yang baik yang menjadi kunci semua itu.


Keturunan barabai banyak merantau diseluruh Kalimantan tentunya, sebagian lagi disumatera dan Malaysia, sebagian ada di singapura, belanda, Australia, ada juga di Amerika.


Mudahan tulisan panjang ini bisa memberi sedikit pencerahan.

Abdul hamid bin h.jamal beliau lebih dikenal ajis jabis,maqam beliau di desa bararawa kecamatan danau panggang kab hsu.beliau seorang pendiri pondok pesantren darutayebah yang menjadi pondok pesantren dakwah islamiah ppdi tamban pal 15,5 barito kuala beliau lulusan dari ponorogo satu angkatan dengan mantan gubernur aceh....semoga kita slalu mengenang beliau dalam syiar agama islam.

 Abdul hamid bin h.jamal beliau lebih dikenal ajis jabis,maqam beliau di desa bararawa kecamatan danau panggang kab hsu.beliau seorang pendiri pondok pesantren darutayebah yang menjadi pondok pesantren dakwah islamiah ppdi tamban pal 15,5 barito kuala beliau lulusan dari ponorogo satu angkatan dengan mantan gubernur aceh....semoga kita slalu mengenang beliau dalam syiar agama islam.




Maqam syekh h.muhammad thahir bin syekh h.syihabuddin bin syekh h.muhammad arsyad albanjari(datu kalampayan)

 Maqam syekh h.muhammad thahir bin syekh h.syihabuddin bin syekh h.muhammad arsyad albanjari(datu kalampayan)



CUCU DATU LANDAK (PENDIRI MASJID AL KAROMAH MARTAPURA)

 CUCU DATU LANDAK (PENDIRI MASJID AL KAROMAH MARTAPURA)