Rabu, Desember 18, 2019

Mengenal Guru Syairazi, Kandangan

Mengenal Guru Syairazi, Kandangan

Guru Syairazi panggilan akrab Tuan Guru H.Ahmad Syairazi, lahir di kota Kandangan pada tanggal 10 januari 1976 dari pasangan suami isteri H.Pandi Mukeri dan Hj.Kaptiah Jalil. Ketika berusia 6 tahun beliau sekolah di SDN Kandangan Kota 5 dan saat berusia 10 tahun beliau belajar sekolah arab di Madrasah Darul Ulum Pandai Kandangan dan belajar Al Qur’an dengan seorang guru yang bernama H. Ahmad Shagir, Karang Jawa, Kandangan.

Atas anjuran dan nasehat Tuan Guru H. Zainuddin (Guru Inud), Tibung, Kandangan supaya belajar di pesantren Dalam Pagar Martapura, maka  ketika berusia 13 tahun beliau mulai belajar dan memondok di sana untuk memperdalam lagi ilmu agama. Di antara guru-guru beliau adalah Tuan Guru H. Hamzah, Tuan Guru H. Ahmad Kasyfuddin, Tuan Guru H. Abdul Hamid, Tuan Guru H. Mahmud, Tuan Guru H. Nuzhan, Tuan Guru H. Abdul Majid, Tuan Guru H.M. Mazani, Tuan Guru H. Abdul Murid, Tuan Guru H. Abdul Halim, Tuan Guru H. Hifni Afif, Tuan Guru H.M. Fadhil Zain , Tuan Guru H.M. Sya'rani, Tuan Guru H.M. Mahjuri, Tuan Guru M. Fauzi, Tuan Guru H.M. Nuhdi, Tuan Guru H. Zainal Ilmi, Tuan Guru H.M. Arif, Tuan Guru H.M. Syaifullah, Tuan Guru H. Fadlan, Tuan Guru H.Bustami, Tuan Guru H. Munawar (Guru Kubah) dan lain-lain.

Pada tahun 1991 beliau pindah ke Sekumpul untuk memperdalam ilmu agama dengan seorang ulama terkenal kharismatik Syekh H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) dan juga selalu hadir dalam majlis pengajian Guru Seman Mulya (Guru Padang ).

Pada tahun 1993 atas petunjuk dan nasehat seorang ulama di Kandangan keturunan dari Datu Kelampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari) yaitu Tuan Guru H. Abdus Samad Al Arsyadi, agar beliau meneruskan belajar ke Makkatul Mukarramah  untuk memperdalam ilmu agama.

Berangkatlah beliau ke tanah suci Makkah untuk lebih menambah atau memperkaya lagi ilmu agama yang sudah ada. Di antara guru-guru  beliau di sana adalah Syekh Al Habib Abdullah bin Abu Bakar Athas Al Habsyi, Syekh Al Habib Muhammad Alawi Al Maliki, Syekh Al Habib Hamid Al Kaf, SyekhAl Al Habib Zain bin Ibrahim Madinah, Syekh Zen Boyan Al Makki, Syekh Muhammad bin Ismail Al Yamani Al Makki, Syekh Abdul Fattah Aminu Siria, Syekh Abdul Karim Al-Banjari, Syekh Jabir Al Jubran Al Yamani, Syekh Ahmad Jamhuri Al-Banjari, Syekh H.Sufyan Jalil Al-Banjari, Syekh Abdul Hamid Al-Banjari Al Makki, Syekh Al Habib Muhammad Bin Ibrahim Al Ahdal, Syekh Muhammad Khairullah Al Makki, Syekh Muhammad Amin Al Harari, Syekh Al Habib Muhammad Bin Abdullah Al Muhdar dan Syekh Dr. Hasan Bukhari. Adapun yang disebut terakhir menganggap beliau sebagai anak angkatnya.

Pada tahun 2010 beliau pulang ketanah air (kampung halaman), Kandangan atas isyarat Guru beliau Abah Guru Sekumpul dan Al Habib Abdullah bin Abu Bakar Athas Al Habsyi Al Makki  untuk membuka majelis dan pondok pesantren. Tak berapa lama berdirilah pondok pesantren Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Busyra dan Majelis Ta'lim Raudhatul Ghanna Annabawiyah, di Kandangan.

sumber : putrasekumpul.blogspot.com/p/sejarah-biogra.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari