Selasa, Juli 05, 2022

Manaqib Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al Banjary

 BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM


Manaqib Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al Banjary


AL’AALIMUL fadhil al’aalimul ‘allaamah al’arif billah Assyaikh Alhajj Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Semman bin Muhammad Sa’ad bin Abdullah bin Mufti H Muhammad Khalid bin Khalifah H Hasanuddin bin Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary (Datu Kalampayan). Beliau adalah seorang zuriyat Datu Kalampayan (Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary).


BELIAU juga adalah zuriyat Rasulullah SAW dari jalur turunan dari Sayyidina Husein RA (cucu Rasulullah SAW). Marga beliau adalah Alaydrus. Ayahnya bernama H Abdul Ghani bin Abdul Manaf Al-Banjary. Sedangkan, ibunya bernama Hj Masliyah binti H Mulya (adik kandung dari H.Semman Mulya/guru padang).


Dilahirkan pada malam Arba’ 27 Muharram 1361 Hijriyah bertepatan dengan 11 Februari 1942 Masehi di Kampung Tunggul Irang Seberang, Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Selama tinggal di Tunggul Irang, beliau tiada menyusu dengan ibunya, hanya menghisap liur Al’aarif billah H AbdurRahman atau H Adu sampai kenyang selama 40 hari.


Nama beliau selagi kecil adalah Qusyairi. Sejak kecil termasuk salah seorang yang mahfudz, yaitu suatu keadaan yang sangat jarang terjadi, kecuali bagi orang-orang pilihan yang sudah ditentukan Allah Ta’ala. Beliau adalah salah seorang anak yang mempunyai sifat-sifat dan pembawaan lain dari yang lain, di antaranya adalah beliau tidak pernah ihtilam(mimpi basah).


Beliau yang sejak kecil selalu berada di samping kedua orangtuanya dan nenek beliau yang bernama Salbiyah. Sedangkan, Salbiyah ini adalah orang yang majzub artinya diangkat Allah Ta’ala, aqal basyariyahnya diganti dengan aqal rabbaniyah.


Di masa kanak-kanak beliau sudah mulai ditanamkan pendidikan tauhid dan akhlak oleh ayah dan nenek beliau sendiri, serta belajar membaca Alquran. Dengan demikian, guru pertama dalam bidang tauhid dan akhlaq adalah ayah dan nenek beliau sendiri yang selalu berada di sampingnya dan memimpinnya.


Meskipun kehidupan ekonomi kedua orangtua beliau dalam keadaan yang sangat lemah. Namun mereka selalu memperhatikan untuk membantu dan meringankan beban guru yang mengajar anak mereka membaca Alqur’an. Sehingga setiap malam beliau diberi bekal sebotol kecil yang berisi minyak tanah untuk diberikan kepada Guru Muhammad Hasan, Pasayangan Martapura yang mengajarkan kitab suci Alqur’an.


Dalam usia lebih kurang 7 tahun, beliau sudah mulai belajar di Madrasah Kampung Keraton Martapura selama 2 tahun. Kemudian meneruskan ke Madrasah Darussalam Martapura sampai tamat, dan tidak pernah sekolah SD.


Guru-Guru Abah Guru Sekumpul


Untuk tingkat ibtida di Keraton Martapura, guru-guru beliau adalah Guru Muhammad Zaini Umar, Guru Abdul Mu’iz. Sedangkan, guru beliau di tingkat ibtida di Pesantren Darussalam Martapura, adalah Guru Sulaiman, Guru H Abdul Hamid Husein, Guru H Mahli Abdul Qadir, Guru Muhammad Zein, Guru H Rafi’i, dan Guru Syahran.


Berlanjut di tingkat tsanawi dan aliyah, Guru Sekumpul diajari oleh Guru H Husein Dahlan, Guru Salman Yusuf, Guru H Sya’rani Arief, Guru H Husein Qadri, Guru H Salim Ma’ruf, dan Guru H Semman Mulya yang merupakan paman beliau, serta Guru Salman Jalil. Sedangkan, guru-guru di bidang tajwid, adalah Guru H Sya’rani Arief, Guru Nasrun Thohir yang merupakan seorang qori dan hafiz Quran, serta Guru H Aini Kandangan. Untuk guru khusus tasawuf dan suluk, Guru Sekumpul mendapat bimbingan dari Guru H Muhammad Syarwani Abdan(Guru Bangil), Kyai Falak Bogor dan Sayyid Muhammad Kutbi.


Untuk sanad dalam berbagai bidang ilmu dan tarekat yang diterima Guru Sekumpul adalah dari Sayyid Muhammad Amin Kutbi, Sayyid Abdul Qadir Albar, Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki, Syaikh Hasan Masyath, Syaikh Muhammad Yasin Padang, Kyai Falak Bogor, Syaikh Ismail Yamani. Sedangkan, guru pertama secara ruhani atau mimpi adalah Syaikh Ali Junayd Berau bin Qodhi H Muhammad Amin bin Mufti H Jamaluddin bin Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary.


Selanjutnya, H Muhammad Syarwani Abdan (Guru BangiL), kemudian Guru Bangil menyerahkan kepada Kyai Hamid Pasuruan, kemudian Kyai Hamid Pasuruan menyerahkan kepada Kyai Falak Bogor. Lalu, Kyai Falak menyerahkan kepada Sayyid Muhammad Amin Kutbi, kemudian Sayyid Muhammad Amin Kutbi menyerahkan kepada Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdull Al-Banjary, yang selanjutnya langsung dipimpin oleh Rasulullah SAW.


Atas petunjuk Syaikh Ali Junayd Berau, beliau dianjurkan untuk belajar kepada H Muhammad (Gadung) bin H Salman Al-Farisi bin Qodhi H Mahmud bin Asiah binti Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary mengenai masalah Nur Muhammad. Maka dengan demikian di antara guru beliau tentang Nur Muhammad antara lain adalah H Muhammad.


Dalam usia lebih kurang 10 tahun, beliau sudah mendapat khushushiyyah dan anugerah dari Allah SWT berupa kasyaf hissi, yaitu melihat dan mendengar apa-apa yang di dalam ataupun yang terdinding.


Sewaktu beliau siyahah,yaitu berjalan-jalan di hutan,maka rumput-rumputan memberi salam kepada beliau dan menyebutkan manfaatnya untuk pengobatan dan sebagainya. Begitupula, batu-batuan dan besi, kesemuanya ini tidaklah beliau perhatikan dan hal-hal yang demikian itu beliau anggap hanya merupakan ujian dan cobaan.


Dalam usia kurang dari 14 tahun atau tepatnya masih duduk di kelas 1 tsanawiyah,beliau telah dibukakan oleh Allah ta’ala atau futuh tatkala membaca tafsir : وكان الله سميعا بصيرا


Beliau adalah seorang yang sangat mencintai para ulama dan orang-orang saleh. Hal itu tampak ketika beliau masih kecil di mana beliau selalu menunggu di tempat yang biasanya H ZainaL Ilmi bin Abdus Shamad Al-Banjari Dalam Pagar yang beliau lewati pada hari-hari tertentu, ketika hendak pergi ke Banjarmasin. Hal ini semata-mata hendak bersalaman dan mencium tangan Tuan Guru H ZainaL Ilmi bin Abdus Shamad Al-Banjary Dalam Pagar.


Di masa remaja, beliau pernah bermimpi bertemu dengan Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husein (keduanya cucu Rasulullah SAW). Yang kemudian kedua cucu Rasulullah SAW, masing-masing membawakan pakaian dan memakaikan (memasangkan)kepada beliau lengkap dengan sorban dan lainnya. Diceritakan, warna pakaian beliau yang pink dan putih, dan beliau ketika itu diberi nama oleh keduanya dengan nama ZainaL Abidin. Pernah beliau berkunjung ke rumah Kyai Hamid Pasuruan (Habib Hamid bin Abdullah Basyaiban) di Pasuruan, Jawa Timur, lantas Kyai Hamid menyambut gembira kedatangan beliau. Kata Kyai Hamid,“Gubernur Kalimantan,,Gubernur Kalimantan,” yang maksudnya adalah Wali Kutub Kalimantan.


Beliau adalah seorang ulama yang menghimpun antara syari’at, thoriqat,dan haqiqat,dan juga seorang yang hafiz Qur’an dan tafsirnya,yaitu Tafsir Alquran Jalalain. Kata beliau, tiga bersaudara dunia akhirat,  yakni Alfaqir (itu beliau sendiri), Guru Bangil (KH Muhammad Syarwani bin H Abdan)dan Guru Padang (paman beliau, K.H.Muhammad Semman bin H Mulya).


Hingga, Guru Bangil berucap kepada Guru Semman : “kamu sama Zaini di Sekumpul, saya sendirian di Bangil, sembari Guru Bangil menangis. Diceritakan juga, ucapan Guru Bangil kepada Guru Semman, sembari meletakkan dahi ke paha Guru Semman. “Aku sebentar lagi mau pulang, “ kata Guru Bangil. “Aku minta do’a kepada kamu,” Lalu dijawab Guru Semman : Inggih pun Guru, ulun (saya) doakan. Kemudia, Guru Semman berkata kepada Abah Zaini Sekumpul, setelah Guru Bangil pulang nanti giliran aku yang pulang. “Doakan aku lah,”  kata Guru Semman kepada Abah Zaini SekumpuL. Lantas, dijawab Abah Zaini Sekumpul. “Aamiin, inggih pun, ulun doakan Guru ai,”.


Beliau adalah seorang ulama zurriyat Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary (Datu Kalampayan)yang menghidupkan kembali amalan-amalan serta tarekat yang diamalkan Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjari. Karena itu, majelis pengajian yang beliau laksanakan,baik majelis ta’lim maupun majelis amaliyahnya (Majelis Maulid yang dilaksanakan rutin tiap malam Senin di Musholla Ar-Raudhah SekumpuL dan Majelis Burdah yang dilaksanakan rutin tiap malam Jumat di Musholla Ar-Raudhah Sekumpul), adalah seperti Majelis Syaikh Abdul Qadir Jailani.


Beliau adalah satu-satunya ulama di Kalimantan bahkan se-Indonesia yang mendapat izin untuk mengijazahkan Thariqat Sammaniyyah. Karena itu, banyaklah yang datang kepada beliau untuk mengambil ijazah tersebut. Bahkan bukanhanya ijazah Thariqat Sammaniyyah, beliau juga mengijazahkan Thariqat Idrisiyyah dan Thariqat Aidarussiyyah, kepada para muridnya tak hanya dari Kalimantan, namun ada yang datang dari Pulau Jawa dan daerah lainnya.


Ini adalah ijazah yang beliau ijazahkan kepada kita semua: ,


Talqin dzikir. Dibaca sekurang-kurangnya 3x, sebanyak-banyaknya tidak terbatas dan dibaca pagi dan sore hari atau setelah shalat 5 waktu. Fadhilatnya, diberi husnul khatimah ‘indal maut. Baca’annya adalah “Laa ilaaha illallah”. Membacanya itu dengan mata tertutup dibaca sebanyak 3x sekurang-kurangnya, selebihnya tidak terbatas. Ditutup dengan bacaan serta membuka mata,


سيدنا محمد رسول اللّه


Ini adalah talqin dzikir yang diijazahkan beliau kepada kita semua. Ini didapat dari puluhan guru beliau, dari guru ke guru sampai ke Rasulullah SAW.


Taariqat Sammaniyyah. Dibaca pagi sore atau setelah shalat 5 waktu. Fadhilatnya adalah diberi ma’rifat oleh Allah Ta’ala,diberi husnul khatimah ‘indal maut, diberi rezeki yang luas yang halal lagi berkah dan dijadikan golongan wali qutub. Bacaaanya adalah Laa ilaaha illallah 166 kali, Allah 66 kali, Huw 77 kali. Selesai membaca itu,,kemudian berdoa. Yakni,  Allahummaghfir li_ummati Sayyidina Muhammad, Allahummarham ummata Sayyidina Muhammad,  Allahummastur ummata Sayyidina Muhammad, Allahummajbur ummata Sayyidina Muhammadin Shallallahu ‘alayhi wasallam.


Dibaca 4 kali berturut-turut, dan juga do’a ini dibaca setelah selesai shalat Subuh akan dicatat sebagai golongan wali qutub.


Thariqat Idrisiyyah (Habib Ahmad bin Idris). Dibaca pagi sore atau setelah selesai shalat 5 waktu. Dengan bacaannya,  Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah fiy kulli lamhatin wanafasin ‘adada maa wasi’ahu ‘ilmullah. Dibaca tiap pagi dan sore hari atau setelah shalat 5 waktu.


Thariqat Aidarusiyyah (Habib Abdullah Al-aydarus). Membacanya pagi sore atau setelah selesai shalat 5 waktu, membacanya itu 1 kali  membaca 1 kali bernafas. Bacaannya yakni Laa ilaaha illallahu Laa ilaaha illallah 12 kali.  Kemudian, Allahu allah 12 kali, dan Huw huw 12 kali. Kemudian, ditutup dengan membaca syahadat, yakni Asyhadu anlaa ilaaha illallah wa asyhadu anna MuhammadarRasulullah.


Keturunan Datu Kalampayan


Guru Sekumpul adalah seorang zuriat Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary (Datu Kalampayan)dan juga beliau zuriat Rasulullah SAW, karena Datu Kalampayan itu turunan dari Sayyidina Husein (cucu Rasulullah SAW). Beliau mengikuti jejak datu beliau yaitu Datu Kalampayan, yang pernah tinggal di Keraton Martapura kemudian pindah membuka perkampungan baru di Dalam Pagar. Begitupula beliau tinggal di Keraton Martapura, kemudian hijrah ke Sekumul, membuka komplek perumahan yang dikenal dengan Komplek arRaudhah atau dalam Regol, yang kemudian meluas ke sekelilingnya sehingga terbentuk  Gang Taufik, Gang Mahabbah, Gang Bersama dan lainnya.


Di Mushalla Ar-Raudhah inilah, beliau mengajar dan membawa jamaah dalam beribadah dan mengamalkan apa-apa yang dikaji atau dikerjakan beliau, baik majelis ta’lim dan majelis Maulid beliau yang rutin dilaksanakan tiap malam Senin dan majelis Burdah tiap malam Jum’at di Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul.


Sebagian Karomah Guru Sekumpul


Ketika beliau masih tinggal di Keraton Martapura, di mana biasanya setelah selesai pengajian atau pembacaan maulid, beliau berbincang-bincang dengan beberapa orang murid yang masih belum pulang sambil bercerita tentang orang-orang saleh dahulu. Isi cerita dari beliau untuk dapat diambil pelajaran dalam meningkatkan amaliyah dan mengharap berkah.


Tiba-tiba ada murid beliau yang bercerita tentang buah rambutan yang pada waktu itu masih belum musimnya. Beliau mendengar itu, maka beliau mengacungkan tangan beliau ke belakang dan kemudian tampak di tangan beliau sebiji buah rambutan yang masak. Terkejutlah murid beliau pada saat itu. Kemudian buah rambutan itu langsung beliau makan. Kata beliau,inilah anugerah Allah Ta’ala.


Lalu, pada suatu musim kemarau yang panjang,di mana hujan sudah lama tidak turun sehingga sumur-sumur sudah hampir mengering, maka cemaslah masyarakat ketika itu dan mengharap hujan turun. Melihat hal yang demikian, banyak orang yang datang kepada beliau mohon minta doa agar hujan segera turun. Kemudian beliau keluar rumah dan menuju ke sebuah pohon pisang yang berada di dekat rumah beliau. Lalu beliau goyang-goyangkan pohon pisang itu dan tidak lama kemudian hujan pun turun dengan derasnya.


Lalu, sewaktu pengajian dirumah paman beliau (KH .Muhammad Semman bin H Mulya atau Guru Semman atau Guru Padang), beliau disuruh sang paman untuk mengisi air minum ke gelas untuk jamuan orang yangg hadir di pengajian paman beliau itu. Air minum yang disediakan cuma 1 termos (cirat) saja, dan itu bisa cukup untuk 10 orang. Sementara, orang yang hadir ada ratusan. Beliau tuangkan terus air minum itu ke gelas, bahkan semua yang hadir dapat air minum, itu pun air minumnya masih ada sisa yang cukup banyak.


Sewaktu Habib Anis bin Alwi Alhabsyi (cucu dari Shohibul Maulid Al-Habsy) berkunjung ke rumah beliau di SekumpuL, Habib Anis mau makan buah durian, padahal saat itu belum musim buah durian. Kata Habib Anis:  Ya, Zaini…saya mau durian nih, entah kenapa hati bergeretek mau makan durian. Lalu dijawab Abah Zaini Sekumpul. “Inggih pun Bib, duriannya ada pian (di belakang Habib Anis). Kemudian beliau makan durian itu bersama Habib Anis.


Wasiat Abah Guru Sekumpul


Menghormati ulama dan dzurriyatnya Rasulullah saw.

Baik sangka

Murah diri

Murah harta

Manis muka

Jangan bakhil (kikir)

Pemurah

Jangan menyakiti orang

Memaafkan kesalahan orang

Jangan tamak (thoma), tapi syukuri apa yang ada

Jangan merasa baik/hebat kepada orang lain

Tuntutlah ilmu kemudian amalkan sekalipun sedikit.

Dari istri-istri beliau, satu d iantaranya telah melahirkan dua  orang putra sebagai penerus ayahnya yang bernama Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali.


Beberapa Risalah yang Ditulis Abah Guru Sekumpul


Risalah Mubarokah

Manaqib Sayyid Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani

Risalah Nuraniyyah fiy syarhit tawassulaatis Sammaniyyah

Nabdzah min manaqibil imamil masyhur bil ustadzil a’dzam Muhammad bin Ali Ba’alawi.


Beliau wafat pada hari Subuh Rabu jam 05.10 Wita bertepatan dengan 5 Rajab 1426 Hatau 10 Agustus 2005 M. Beliau dimakamkan di samping Musholla Ar-Raudhah tepat waktu azan Ashar di samping makam paman beliau Guru Semman Mulya (Guru Padang) dan juga di samping sepupu beliau, Guru Salman Jalil, tepatnya berada di tengah pusara orang-orang mulia tersebut.


Demikianlah sebagian manaqib Al’aalimul Fadhil al’aalimul ‘allaamah Al’arif billah Assyaikh Alhajj Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjary. Mudah-mudahan kita semua dapat berkah dari beliau, diampuni segala dosa,dikabulkan segala hajat, dikumpulkan didalam surga bersama Rasulullah SAW dan juga bersama Abah Guru Sekumpul. Amiin…!!!


Dikutip dari manaqib yang dikarang oleh KH Muhammad Hudhari Al-Banjari bin Hasanah binti KH Abdullah Khatib bin H Muhammad Shaleh bin Khalifah Hasanuddin bin Maulana Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary.


LINK VIDEO : https://youtu.be/IrOD2EpvdBI

Jadwal Haul Para Ulama dan Habaib di Kalimantan Selatan

 Jadwal Haul Para Ulama dan Habaib di Kalimantan Selatan 


1. Sultan Surian Syah (Sultan Banjar Pertama): 12 Rabiul Awal  

2. Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ( Habib Basirih ) : 18 Jumadil Awal

3. Tuan Sheikh Mufti Haji Jamaluddin Al-Banjary ( Surgi Mufti ) : 8 Muharram

4. Sheikh Muhammad Amin bin Ya'qub ( Datuk Amin Benua Anyar ) : 30 Syawal

5.Tuan Guru Haji Ahmad Bakeri ( Guru Bakeri ) : 20 Rabiul Awal

6. Tuan Guru Haji Muhammad ( Ayahanda Tuan Guru Ahmad Zuhdiannor / Guru      Zuhdi : 17 Ramadhan

7. Datuk Sheikh Muhammad Arsyad Al-Banjary ( Datuk Kelampayan )(Pengarang Kitab Sabil Al-Muhtaddin) : 6 Syawal

8. Datuk Sheikh Abdul Hamid ( Datuk Abulung ) : 12 Dzulhijjah

9. Tuan Guru Sheikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjary ( Tuan Guru      Sekumpul ) : 5 Rajab

10. Tuan Guru Sheikh Muhammad Kasyful Anwar bin Ismail Al-Banjary  ( Guru Kasyful ) : 18 Syawal

11. Sharifah Badrun binti Syed Yusuf Al-Qodiry Al-Hasani : 29 Syawal

12. Datuk Sheikh Haji Muhammad Abdusshamad Al-Banjary ( Datuk Bakumpai)        : 13 Safar

14. Datuk Sheikh Muhammad Abdush Shamad ( Datuk Sanggul ) : 28 Dzulhijjah

15. Datuk Sheikh Abdul Mu'in ( Datu Nuraya Padma Tunggal ) : 15 Dzulhijjah

16. Datuk Suban : 14 Syawal

17. Datuk Sheikh Shalman Al-Farisi ( Datuk Gadung ) : 9 Dzulhijjah

18. Datuk Sheikh Haji. Sa'dudin ( Datuk Taniran ) : 5 Safar

19. Al-Habib Ibrahim Al-Habsyie : 14 Safar

20. Datuk Muhammad Thaher bin H. Syahbuddin ( Datuk Daha ) : 10 Syawal

21. Tuan Guru Haji Muhammad Ramli ( Wali Katum ) : 29 Sya'ban

22. Tuan Guru Haji Ahmad Mughnie Ayahanda Daripada Tuan Guru Haji Mohd Bakheit Barabai 12 Dzulhijjah

23. Sheikh Abdurrasyid ( Pendiri Pondok Pesantrian Rakha Desa Pekapuran ) :12 Syawal

24. Tuan Guru Haji Ahmad Riduan ( Guru Lok Bangkai ) : 12 Sya'ban

25. Datuk Sheikh Muhammad Nafis bin Idris Al-Banjary (Datuk Nafis)                      Pengarang   Kitab Ad-Durrun Nafis : 14 Rabiul Akhir

26. Datuk Kandang Haji : 17 Rabiul Akhir

27. Habib Muhammad bin Abdullah Al-Athas : 11 Shafar

28. Datuk Insad : 5 Rabiul Awa

29. Syarifah Hajjah Aminah binti Al-Habib Salim Assegaff ( Ibu Ifah Kuning ): 7 Jumadil Awal

30. Habib Mushaffa Ahmad bin Al-Habib Shaleh Al-Aydrus : 11 Rabiul Akhir

31. Sheikh Muhammad Riduan Shaleh : 3 Jumadil Akhir

32. Habib Mukhtar bin Habib Husein Al-Aydrus : 24 Jumadil Awal

33. Syarif Ali bin Pangeran Syarif Abdurrahman Al-Aydrus : 7 Syawal

34. Mufti Haji Muhammad Arsyad Lamak bin Mufti Haji Muhammad As'Ad Al-Banjary ( Kubah Pagatan ) : 23 Rabiul Awal

35.Habib Muhammad bin Ali Al-Aydrus (Habib Mancung) : 14 Dzulqaidah

36. Habib Mustafa bin Pangeran Syarif Ali Al-Aydrus : 27 Jumadil Awal

37. Habib Usman bin Segaf Al-Aydrus : 27 Jumadil Awal

38. Habib Alwy bin Syarif Umar Al-Aydrus : 8 Rabiul Awal

39. Habib Husein bin Syarif Umar Al-Aydrus : 10 Sya'ban

40. Syarif Umar bin Pangeran Syarif Ali Al-Aydrus : 21 Sya'ban

41. Syarif Alwy bin Al-Habib Hasan Al-Aydrus : 27 Rajab

42. Tuan Guru Sheikh Muhammad Dahlan ( Guru Cantung ) : 25 Rabiul Awal

43. Sheikh Qusyairin Iman Shah: 7 Dzulqaidah

 

WAKTU PELAKSANAAN HAUL BESAR DITENTUKAN OLEH PANITIA PELAKSANA, SEHINGGA PELAKSANAAN HAUL BISA BERBEDA DENGAN TANGGAL WAFATNYA.


Semoga dengan adanya tulisan ini, Jadwal Haul Para Tokoh Agama, Habaib dan Ulama Kalimantan Selatan ini, akan lebih memudahkan kita untuk mengingat dan mempersiapkan diri untuk berhadir di acara Haul-haul beliau-beliau nantinya, atau setidaknya membacakan sendiri do'a haul untuk beliau. Semoga ada berkahnya untuk kita semua. 

Aamiin Allahumma Aamiin......

ABAH GURU SEKUMPUL

 ABAH GURU SEKUMPUL MURSYID KAMIL TAREKAT SAMANIYYAH DARI MARTAPURA


Abah Guru Sekumpul ulama kharismatik dan dikagumi banyak orang. Beliau adalah sosok Waliyullah yang menyatukan syari’at, tarekat dan hakikat dalam dirinya.


Meski memiliki segudang karomah, beliau selalu berpesan agar jangan tertipu dengan segala keanehan dan keunikan. Ketawadhuan dan kesederhanaannya telah membuatnya mencapai maqom yang sangat tinggi.


Nama aslinya Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Ijai. Lahir 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 H) di Kampung Tunggul Irang Seberang, Martapura, Kalimantan Selatan. Beliau wafat dalam usia 63 tahun di Martapura pada 10 Agustus 2005.

Beberapa nama atau julukan Muhammad Zaini yang populer di masyarakat adalah Qusyairi (nama kecil), Guru Sekumpul (sebutan yang paling populer), Guru Ijai (Guru Izai), Guru Ijai Sekumpul, Tuan Guru, Abah Guru, Kiyai Haji.


Sejak kecil Abah Guru dididik orangtuanya Haji Abdul Ghani dan Hajjah Masliah binti Haji Mulya dan neneknya bernama Salbiyah. Mereka menanamkan akhlak, kedisiplinan dan pendidikan tauhid serta belajar membaca Al-Qur'an.


Pada usia tujuh tahun beliau menimba ilmu di madrasah di Kampung Keraton, Martapura. Sejak usia 10 tahun telah dikaruniai kassyaf hissi, yakni mampu melihat dan mendengar apa-apa yang tersembunyi atau hal-hal ghaib. Pada usia 14 tahun beliau dikaruniai futuh (pencerahan pemahaman) saat membaca sebuah tafsir Qur’an.


Pada masa remajanya, Abah Guru menghabiskan waktu menimba ilmu hingga ke Pesantren Datu Kalampian Bangil, Jawa Timur. Selain itu berguru kepada Syekh Falah di Bogor. Beliau juga mendalami syariat dan tarekat kepada Syekh Muhammad Yasin Fadany di Mekah, Syekh Hasan Masysyath, Syekh Isma’il Yamani, Syekh Abdul Qadir al-Baar, Syekh Sayyid Muhammad Amin Kutby, Allamah Ali Junaidi (Berau) ibn Jamaluddin ibn Muhammad Arsyad.


Atas petunjuk Syekh Ali Junaidi, beliau kemudian belajar kepada Syekh Fadhil Muhammad (Guru Gadung). Kepada Guru Gadung ini Abah Guru belajar tentang ajaran Nur Muhammad. Beliau juga mendapat ijazah Maulid Simthud Durar dari Guru sekaligus yang menjadi sahabat karib beliau, Habib Anis ibn Alwi ibn Ali al-Habsyi dari Solo, Jawa Tengah.


Beliau sempat mengajar di Pesantren Darussalam Martapura selama lima tahun. Kemudian membuka pengajian di rumahnya sendiri pada 1970-an, didampingi paman beliau yakni Guru Salman Bujang (Guru Salman Mulya). Pada 1988 pindah ke Kampung Sekumpul, membuka kompleks perumahan ar-Raudhah atau Dalam Regol.


Sejak itulah kewibawaan dan kharismanya memancar luas dan banyak tamu berdatangan, bahkan dari Malaysia, Singapura dan Brunei. Sebagian datang untuk berguru, sebagian mencari berkahnya, dan sebagian ingin berbaiat Tarekat Samaniyyah. Beberapa tokoh nasional juga pernah mengunjungi Abah Guru di antaranya Gus Dur dan tokoh lainnya.


Sejak kecil, beliau sudah memperlihatkan sifat mulia. Penyabar, ridha, pemurah, dan kasih sayang terhadap siapa saja. Kasih sayang yang ditanamkan ayahnya telah membuatnya berhati lembut, penyayang dan pemurah kepada semua orang.


Sebagai ulama, Abah Guru Sekumpul dikenal sebagai orang yang lembut, kasih sayang, sabar, dermawan dan tekun. Apapun yang terjadi terhadap dirinya, beliau tak pernah mengeluh. Bahkan pernah beliau dipukuli oleh orang-orang yang dengki kepadanya, namun beliau tidak mengeluh atau menaruh dendam sama sekali.


Beliau juga mengajarkan agar orang senantiasa mencintai dan hormat kepada ulama yang baik dan saleh. Tak heran apabila saat pengajian, tidak kurang dari 3.000 orang datang ke pengajiannya dan selalu diberi jamuan makan. Kedermawanan Abah Guru Sekumpul ini tampak bukan hanya kepada lingkungan sekitar, tetapi juga ke setiap tempat yang disinggahinya.


Salah satu pesannya adalah “jangan bakhil” karena itu adalah sifat tercela. Salah satu keunikannya dalam berdakwah adalah perhatiannya kepada kesehatan umat. Pada waktu tertentu beliau mendatangkan dokter spesialis (jantung, ginjal, paru, mata, dan sebagainya) untuk memberikan penyuluhan kesehatan sebelum pengajian dimulai.


Beberapa kisah karomah beliau di antaranya saat masih di Kampung Keraton, Abah Guru Sekumpul biasanya duduk dengan beberapa orang sambil bercerita tentang orang-orang terdahulu untuk mengambil pelajaran dari kisah itu. Suatu saat beliau bercerita tentang buah rambutan, yang saat itu belum musimnya. Tiba-tiba beliau mengacungkan tangannya ke belakang, seolah-olah mengambil sesuatu, dan mendadak di tangan beliau sudah memegang buah rambutan matang, yang kemudian beliau makan. Beliau juga bisa memperbanyak makanan setelah makan sepiring sampai habis, tiba-tiba makanan di piring itu penuh lagi, seakan-akan tak dimakan olehnya.


Kisah lain, suatu ketika terjadi musim kemarau panjang, dan sumur-sumur mengering. Masyarakat pun meminta Abah Guru agar berdoa meminta hujan. Beliau lalu mendekati sebatang pohon pisang, menggoyang-goyangkan pohon itu dan tak lama kemudian hujan pun turun.


Beliau juga dikenal bisa menyembuhkan banyak orang dengan do'a beliau. Kelebihan lain yang dimiliki Abah Guru Sekumpul adalah hafal Al-Qur’an sejak berusia 7 tahun. Kemudian hafal tafsir Jalalain pada usia 9 tahun. Dalam usia kurang lebih 10 tahun, sudah mendapat khususiat (anugerah) berupa Kasyaf Hissi yaitu melihat dan mendengar apa yang ada di dalam atau yang terdinding. Pada usia 9 tahun pas malam Jumat, Abah Guru Sekumpul pernah bermimpi melihat sebuah kapal besar turun dari langit. Di depan pintu kapal berdiri seorang penjaga dengan jubah putih dan di gaun pintu masuk kapal tertulis “Safinah al-Auliya”. Beliau ingin masuk, tapi dihalau oleh penjaga hingga tersungkur. Dia pun terbangun. Pada malam Jum’at berikutnya, beliau kembali bermimpi hal serupa.

Pada malam Jumat ketiga, beliau kembali bermimpi serupa. Tapi kali ini beliau dipersilahkan masuk dan disambut oleh salah seorang Syekh. Ketika sudah masuk beliau melihat masih banyak kursi yang kosong.


Saat Abah Guru Sekumpul merantau ke Jawa untuk mencari ilmu, tak disangka orang yang pertama kali menyambutnya dan menjadi gurunya adalah orang yang menyambutnya dalam mimpi tersebut.

Adapun sebagian karomah Abah Guru Sekumpul diambil dari Manaqib Risalah Riwayat KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni Albanjari yang disusun Guru H Muhammad Hudhari. Guru Hudhari menceritakan bahwa Abah Guru Sekumpul sewaktu kecil pernah bermimpi bertemu Sayidina Hasan dan Sayidina Husen, cucunya Rasulullah SAW yang keduanya membawakan pakaian jubah dan memasangkan kepadanya lengkap dengan surban. Kemudian keduanya memberikan nama Zainal Abidin. Setelah bangun, beliau menceritakan mimpi itu kepada ayahnya. Kemudian ayahnya menganti nama beliau yang dulunya Qusyairi menjadi Muhammad Zaini.


Kisah lain, suatu hari Abah Guru Sekumpul berburu burung. Ketika sampai di Padang Karang beliau mendengar suara dzikir “Laa ilaha illallah”. Spontan beliau pun berjalan naik ke Kampung Karang Tengah mencari asal suara itu. Ternyata dzikir itu berasal dari makom tuan Guru Haji Abdullah Khotib. Beliau langsung berziarah dan setiap tengah malam Abah Guru Sekumpul melakukan ziarah ke makam itu.


Di akhir hayat Abah Guru Sekumpul sebelum meninggal dunia, sempat dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, selama 10 hari. Namun, pada Selasa malam beliau pulang dan tiba di Banjarmasin. Keesokannya, Rabu 10 Agustus 2005, pukul 5.10 waktu setempat, beliau berpulang ke Rahmat Allah.


Ribuan orang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan berdatangan ke Martapura untuk memberikan penghormatan terakhir dan mengiringi jenazah beliau hingga ke pemakaman. Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari.


Semasa hidupnya, Abah Guru Sekumpul pernah berpesan tentang karomah. Dia mengatakan, jangan pernah berpikir atau berniat untuk mendapatkan karomah dengan melakukan ibadah atau wiridan-wiridan. Sebab, karomah yang paling mulia dan tinggi nilainya adalah istiqamah di jalan Allah. Kalau ada orang mengaku sendiri punya karomah tapi shalatnya tidak karuan, maka itu bukan karomah.


Adapun beberapa kitab yang pernah ditulisnya antara lain Risalah Mubarakah; Manaqib as-Syaikh as-Sayyid Muhammad bin Abdul Karim al-Qadiri al-Hasani as-Saman al-Madani; Risalah Nuraniyah fi Syarhit Tawassualtis Sammaniyah; dan Nubdzatun fi Manaqib al-Imam al-Masyhur bil-Ustadz al-A’zham Muhammad bin Ali Ba’Alawy.


Abah Guru Sekumpul dikaruniai dua putra dari istri keduanya, Hajjah Laila, yakni Muhammad Amin Badali al-Banjari dan Ahmad Hafi Badali al-Banjari.

SYEKH SALMAN AL-FARISI (DATU GADUNG

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 


ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ


SYEKH SALMAN AL-FARISI (DATU GADUNG)



SYEKH SALMAN AL-FARISI atau kerab dipanggil dengan DATU GADUNG, dilahirkan di dalam Pagar Martapura pada malam Rabu 25 Safar 1279 H, beliau dilahirkan dari pasangan AL-ALIMUL AL-LAMAH QADHI H.MAHMUD dengan seorang perempuan yang bernama DIYANG dari Desa Gadung kecamatan Bakarangan kabupaten Tapin Rantau.


nasab beliau :

SYEKH SALMAN AL-FARISI BIN AL-ALIMUL AL-LAMAH QADHI H.MAHMUD anak dari ASIAH BINTI SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI ,suami dari ASIAH ini adalah AL-ALIMUL AL-LAMAH SYEKH MUHAMMAD YASIN BIN SYEKH ABDUS SAMAD AL-PALEMBANI (DATU SANGGUL) ,Tatakan Rantau, jadi nasab beliau dari DATU KALAMPAYAN dan DATU SANGGUL ,orang tua beliau QADHI H.MAHMUD adalah Qadhi terakhir kesultanan Banjar ,beliau juga guru dari SULTAN ADAM AL-WASIQ BILLAH ,PANGERAN JAYA DINATA dan PANGERAN SURYA DINTA.


Beliau mendapat didikan langsung dari orang tua beliau yang sangat alim ,diantara ilmu Tauhid, Tasawuf, Qur'an ,Hadist dan ilmu ilmu alat ,selain itu beliau juga mendapat bimbingan dari saudara saudara beliau yaitu AL-ALIMUL AL-LAMAH QADHI H.MUHAMMAD NUR (Riau) dan AL-ALIMUL AL-LAMAH H.MUHAMMAD AMIN ,sebagai keturunan yang alim alim maka SYEKH SALMAN AL-FARISI dengan mudah dalam belajar ilmu agama ,beliau juga sangat cerdas dan selalu haus akan ilmu pengetahuan agama ,sehingga sangat cepat menyerap ilmu ilmu yang diberikan ,menurut cerita orang tua dahulu apabila TUAN GURU SYEKH SALMAN AL-FARISI merasa lelah dan penat dalam belajar kitab kitab maka beliau istirahat sejenak sambil rebahan dengan alas kepala adalah buah kelapa ,sehingga apabila tertidur maka kepalanya akan jatuh kebawah akhirnya terbangun ,keluarga beliau mendidik agar jangan banyak tidur dan waktu terbangun digunakan untuk ibadah dan belajar.


melihat potensi yang dimiliki TUAN GURU SYEKH SALMAN AL-FARISI yang cukup cerdas dan mempunyai semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu pengetahuan maka oleh orang tuanya beliau dikirim ke Mekkah ,disana beliau menuntut ilmu dengan ulama ulama besar dijamannya ,diharapkan beliau nantinya bisa menjadi penerang ilmu bagi masyarakat semuanya.

pada saat beliau mengaji di Mekkah TUAN GURU SYEKH SALMAN AL-FARISI menikah dengan seorang perempuan yang berasal dari Riau Sumatera dan mempunyai anak yang bernama MALIK ,setelah beberapa tahun beliau menuntut ilmu beliau pulang ketanah air ,tapi beliau bukan pulang ke Martapura tapi mengikuti istrinya ke Riau Sumatera ,disana beliau mengembangkan syiar agama islam dengan memberikan pengajian kepada masyarakat sekitarnya ,cukup lama beliau tinggal di Riau membuat beliau rindu akan kampung halamannya di Martapura ,beliau akhirnya pergi ke Martapura untuk menjenguk keluarga beliau dikampung halaman ,ketika pulang ini beliau tidak membawa serta anak istrinya yang tetap tinggal di Riau Sumatera ,setelah beberapa tahun di Martapura beliau kembali ke Riau untuk mendatangi istri dan anak beliau yang berada disana ,alangkah terkejutnya beliau ,ternyata istrinya sdh lama meninggal dan anaknya pun baru 7 hari meninggalkan dunia fana ini ,beliau sangat bersedih atas kepulangan anak dan istrinya ini karena tidak mendapat kabar berita dikarena kan pada jaman dahulu alat telekomunikasi tidak seperti sekarang ,karena inilah beliau kembali ke Martapura dan berkumpul kembali bersama keluarga beliau, 

melihat kesedihan TUAN GURU SYEKH SALMAN AL-FARISI ini maka oleh orang tua beliau AL-ALIMUL AL-LAMAH QADHI H.MAHMUD menyarankan beliau untuk menjenguk keluarga beliau dari pihak ibu di Desa Gadung Tapin Rantau ,kedatangan beliau di Desa Gadung di sambut masyarakat dengan suka cita ,karena beliau diharapkan bisa menjadi panutan dan rujukan masyarakat dalam pengembangan ilmu Islam.


setelah beberapa tahun beliau menetap di Desa Gadung menyebarkan dan mengajarkan ajaran Islam secara mendalam akhirnya beliau menikah dengan seorang wanita dari Desa Gadung yang bernama UMMU SALAMAH ,dari perkawinan ini beliau mempunyai dua orang anak yaitu AL-ALIMUL FADHIL H.MUHAMMAD yang merupakan salah satu Guru dari AL-ALIMUL AL-LAMAH AL-ARIF BILLAH SYEKH KH.MUHAMMAD ZAINI BIN ABDUL GHANI AL-BANJARI (Abah Guru Sekumpul ) dan seorang perempuan yang bernama HJ.FATIMAH ,beliau menikah lagi dengan seorang perempuan yang bernama HJ.RAHIMAH dan dikaruniai seorang anak yang bernama ABDUL QADIR yang kemudian wafat di Mekkah dan dikuburkan di Ma'la ,setelah itu beliau juga menikah dengan seorang perempuan dari Desa Banua Halat yang bernama MAIMUNAH tetapi tidak mempunyai keturunan.


Sebahagian dari keramat SYEKH SALMAN AL-FARISI (DATU GADUNG) diantaranya :


--pada jaman dulu kalau ingin membuat tepung dari beras maka harus ditumbuk dengan Halu (penumbuk) dan Lasung yang terbuat dari kayu besar ,suatu saat terjadi hujan lebat ditempat beliau ,sedangkan Halu dan Lasung kepunyaan beliau berada ditempat terbuka ,dikhawatirkan akan basah lubang Lasung tersebut dan akan mengakibatkan sulit untuk menumbuk beras ,sedangkan Lasung tersebut sangat berat ,maka dengan perintah beliau Lasung yang terbuat dari kayu tersebut berjalan dengan sendirinya kebawah kolong rumah karena pada saat itu kolong rumah tinggi tidak seperti sekarang.


--ada lagi cerita tentang Lasung ini,suatu saat ada dua orang wanita yang bertengkar tapi berseberangan sungai Gadung ,sambil menumbuk beras mereka saling kata mengatai satu sama lain hingga akhirnya ditonton oleh masyarakat banyak ,Datu Gadung yang mengetahui kejadian ini segera datang ,entah apa yang dilakukan beliau tiba tiba kedua buah Lasung yang sangat berat tersebut terbang ketengah sungai dan ber adu persis seperti ayam yang lagi berkelahi ,masyarakat yang menyaksikan kejadian tersebut sangat takjub ,wal hasil perempuan yang bertengkar tersebut dengan sendirinya berhenti bertengkar dengan rasa malu.


--suatu ketika keponakan beliau dari Marabahan datang berkunjung ketempat beliau ,pada saat itu keponakan beliau memakai cincin dijarinya bertahtakan Intan yang sangat mahal ,oleh beliau cincin tersebut dipinjam ,setelah memeriksa beliau katakan bahwa cincin tersebut jelek ,oleh beliau langsung dibuang kesungai ,namun pada saat setelah selesai sholat anehnya cincin tersebut ternyata sudah ada dirangkaian tasbih yang ada ditangan keponakannya.


--sejumlah tamu datang ketempat beliau ,sedangkan pada saat itu dirumah tidak terdapat lauk untuk jamuan makan tamunya ,lalu beliau memasang alat penangkap ikan disamping tempat tidurnya ,ketika diangkat ternyata alat tersebut penuh dengan ikan ,hingga bisa lah beliau menjamu tamu tamunya dengan masakan yang banyak.


--suatu hari sungai di Desa Gadung sedang meluap dan membawa kayu kayu besar ,ketika itu ada sebatang kayu yang sangat besar membentang ditengah sungai tersebut dan sangat membahayakan orang jika dibiarkan ,dengan bergotong royong puluhan orang berusaha menyingkirkan kayu tersebut ,tapi karena besarnya kayu tersebut tidak mampu digeser sedikitpun ,setelah datang Datu gadung beliau lalu mencungkil kan ujung payung beliau ke kayu besar tersebut ,subhanallah kayu tersebut terangkat dan dapat dipindah sehingga tidak membahayakan masyarakat lagi.


--Beliau sering memenuhi hajat masyarakat yang memerlukan beliau untuk memberikan pengajian pengajian agama ,beliau selalu ditemani oleh murid muridnya ,hal ini beliau lakukan mencontoh RASULULLAH SAW yang setiap melakukan perjalanan selalu ditemani sahabat sahabat beliau ,pada saat perjalanan pulang dari memberikan pengajian tiba tiba hujan turun dengan lebatnya ,sedangkan untuk mencari tempat berteduh tidak sempat lagi ,atas isyarat beliau mereka melanjutkan perjalanan pulang ,anehnya diluar akal manusia saat sampai kekampung ternyata beliau dengan seluruh muridnya tidak ada satupun yang kebasahan subhanallah.


--wilayah Kalimantan kaya akan hasil bumi seperti Emas ,Intan ,Batu Bara ,Minyak ,Biji Besi dan barang tambang lainnya ,dan dulu beliau adalah tempat bertanya dari masyarakat yang ingin pergi mendulang Intan ,beliau melihat lokasi pendulangan Intan tersebut yang sudah diberi tanda cuma melalui kuku beliau ,hingga banyaklah masyarakat yang mendapatkan hasil dari pergi mendulang Intan tersebut.


--suatu saat beliau sedang memberikan pengajian kepada murid muridnya datanglah seekor burung Tinjau ,burung tersebut berkicau dihadapan beliau seperti mengatakan sesuatu ,beliau lalu menanyakan kepada muridnya apa yang dikatakan burung tersebut ,tapi tak ada satupun yang tahu apa yang dikatakan oleh burung tersebut ,kemudian beliau lalu menjelaskan bahwa burung tersebut membawa kabar bahwa salah satu keluarga beliau dimartapura meninggal dunia ,dengan mendengar apa yang dikatakan oleh burung tersebut beliau lalu berangkat ke Martapura ,ternyata apa yang disampaikan oleh burung tersebut memang benar ,salah satu keluarga beliau telah wafat di martapura.


--beliau juga mengetahui waktu wafatnya sehingga beliau sudah bersiap siap sewaktu akan wafat.


SYEKH SALMAN AL-FARISI (datu gadung) BIN AL-ALIMUL AL-LAMAH QADHI H.MAHMUD BIN SYEKH MUHAMMAD YASIN BIN SYEKH ABDUS SAMAD (DATU SANGGUL) Rantau wafat pada tanggal 9 Dzulhijjah 1352 H (1931 M ) setelah Ba'da Isya ,pada saat beliau wafat ditandai dengan hujan yang sangat lebat sehingga menyebabkan wilayah tersebut menjadi banjir ,tapi anehnya lokasi tanah yang digali untuk kubur beliau dalam keadaan kering padahal sekelilingnya dalam keadaan banjir ,demikian juga ketika jenazah beliau dimasukkan kedalam liang lahat air tetap tidak masuk kedalam kubur beliau ALLAHU AKBAR . 


ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ

Syekh Ahmad Khatib Sambas r.a (Sufi Agung asal Sambas, Kalimantan Barat)

Syekh Ahmad Khatib Sambas r.a (Sufi Agung asal Sambas, Kalimantan Barat)



Ahmad Khatib Sambas dilahirkan di daerah Kampung Dagang, Sambas, Kalimantan Barat, pada bulan shafar 1217 H. bertepatan dengan tahun 1803 M. dari seorang ayah bernama Abdul Ghaffar bin Abdullah bin Muhammad bin Jalaluddin. Ahmad Khatib terlahir dari sebuah keluarga perantau dari Kampung Sange’. Pada masa-masa tersebut, tradisi merantau (nomaden) memang masih menjadi bagian cara hidup masyarakat di Kalimantan Barat.

Ahmad Khatib Sambas menjalani masa-masa kecil dan masa remajanya. Di mana sejak kecil, Ahmad khatib Sambas diasuh oleh pamannya yang terkenal sangat alim dan wara’ di wilayah tersebut. Ahmad khatib Sambas menghabiskan masa remajanya untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, ia berguru dari satu guru-ke guru lainnya di wilayah kesultanan Sambas. Salah satu gurunya yang terkenal di wilayah tersebut adalah, H. Nuruddin Musthafa, Imam Masjid Jami’ Kesultanan Sambas.

Karena terlihat keistimewaannya terhadap penguasaan ilmu-ilmu keagamaan, Ahmad Khatib Sambas kemudian dikirim oleh orang tuanya untuk meneruskan pendidikannya ke Timur Tengah, khususnya Mekkah. Maka pada tahun 1820 M. Ahmad Khatib Sambas pun berangkat ke tanah suci untuk menuntaskan dahaga keilmuannya. Dari sini kemudian ia menikah dengan seorang wanita Arab keturunan Melayu dan menetap di Makkah. Sejak saat itu, Ahmad Khatib Sambas memutuskan menetap di Makkah sampai wafat pada tahun 1875 M.

Guru-gurunya :

1. H. Nuruddin Musthafa, Imam Masjid Jami’ Kesultanan Sambas.

2. Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari

3. Syeh Daud Bin Abdullah Al Fatani (ulama asal Patani Thailand Selatan yang bermukim di Mekkah)

4. Syeh Abdusshomad Al Palimbani (ulama asal Palembang yang bermukim di Mekkah)

5. Syeikh Abdul hafidzz al-Ajami

6. Syeh Ahmad al-Marzuqi

7. Syeh Syamsudin, mursyid tarekat Qadiriyah yang tinggal dan mengajar di Jabal Qubays Mekkah.

 

Ketika kemudian Ahmad Khatib telah menjadi seorang ulama, ia pun memiliki andil yang sangat besar dalam perkembangan kehidupan keagamaan di Nusantara, meskipun sejak kepergiannya ke tanah suci, ia tidaklah pernah kembali lagi ke tanah air.

Masyarakat Jawa dan Madura, mengetahui disiplin ilmu Syeikh Sambas, demikian para ulama menyebutnya kemudian, melalui ajaran-ajarannya setelah mereka kembali dari Makkah. Syeikh Sambas merupakan ulama yang sangat berpengaruh, dan juga banyak melahirkan ulama-ulama terkemuka dalam bidang fiqh dan tafsir, termasuk Syeikh Nawawi al-Bantani adalah salah seorang di antara murid-murid Beliau yang berhasil menjadi ulama termasyhur.

Salah satunya adalah Syeikh Abdul Karim Banten yang terkenal sebagai Sulthanus Syeikh. Ulama ini terkenal keras dalam imperialisme Belanda pada tahun 1888 dan mengobarkan pemberontakan yang terkenal sebagai pemberontakan Petani Banten. Namun sayang, perjuangan fisiknya ini gagal, kemudian meninggalkan Banten menuju Makkah untuk menggantikan Syeikh Ahmad Khatib Sambas.

Syeikh Ahmad Khatob Sambas dalam mengajarkan disiplin ilmu Islam bekerja sama dengan para Syeikh besar lainnya yang bukan pengikut thariqat seperti Syaikh Tolhah dari Cirebon, dan Syaikh Ahmad Hasbullah bin Muhammad dari Madura, keduanya pernah menetap di Makkah.

Sebagian besar penulis Eropa membuat catatan salah, ketika mereka menyatakan bahwa sebagian besar Ulama Indonesia bermusuhan dengan pengikut sufi. Hal terpenting yang perlu ditekankan adalah bahwa Syeikh Sambas adalah sebagai seorang Ulama (dalam asti intelektual), yan g juga sebagai seorang sufi (dalam arti pemuka thariqat) serta seorang pemimpin umat yang memiliki banyak sekali murid di Nusantara.

Hal ini dikarenakan perkumpulan Thariqat Qadiriyyah wa Naqsabhandiyyah yang didirikannya, telah menarik perhatian sebagian masyarakat muslim Indonesia, khususnya di wilayah Madura, Banten, dan Cirebon, dan tersebar luas hingga ke Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.

 

Peranan dan Karyanya

Perlawanan yang dilakukan oleh suku Sasak, pengikut Thariqat Qadiriyyah wa Naqshabandiyyah yang dipimpin oleh Syeikh Guru Bangkol juga merupakan bukti yang melengkapi pemberontakan petani Banten, bahwa perlawanan terhadap pemerintahan Belanda juga dipicu oleh keikutsertaan mereka pada perkumpulan Thariqoh yang didirikan oleh Syeikh Ahmad Khatib Sambas ini.

Thariqat Qadiriyyah wan Naqshabandiyyah mempunyai peranan penting dalam kehidupan muslim Indonesia, terutama dalam membantu membentuk karakter masyarakat Indonesia. Bukan semata karena Syaikh Ahmad Khatib Sambas sebagai pendiri adalah orang dari Nusantara, tetapi bahwa para pengikut kedua Thariqat ini adalah para pejuang yang dengan gigih senantiasa mengobarkan perlawanan terhadap imperialisme Belanda dan terus berjuang melalui gerakan sosial-keagamaan dan institusi pendidikan setelah kemerdekaan.

Ajarah Syeikh Ahmad Khatib Sambas hingga saat ini dapat dikenali dari karyanya berupa kitab FATHUL ARIFIN nang merupakah notulensi dari ceramah-ceramahnya yang ditulis oleh salah seorang muridnya, Muhammad Ismail bin Abdurrahim. Notulensi ini dibukukan di Makkah pada tanggal tahun 1295 H. kitab ini memuat tentang tata cara, baiat, talqin, dzikir, muqarobah dan silsilah Thariqah Qadiriyyah wan Naqsyabandiyah.

Buku inilah yang hingga saat ini masih dijadikan pegangan oleh para mursyid dan pengikut Thariqah Qadiriyyah wan Naqsyabandiyah untuk melaksanakan prosesi-prosesi peribadahan khusus mereka. Dengan demikian maka tentu saja nama Syeikh Ahmad Khatib Sambas selalu dikenang dan di panjatkan dalam setiap doa dan munajah para pengikut Thariqah ini.

Walaupun Syeikh Ahmad Khatib Sambas termasyhur sebagai seorang tokoh sufi, namun Beliau juga menghasilkan karya dalam bidang ilmu fikih yang berupa manusrkip risalah Jum’at. Naskah tulisan tangan ini dijumpai tahun 1986, bekas koleksi Haji Manshur yang berasal dari Pulau Subi, Kepulauan Riau. Demikian menurut Wan Mohd. Shaghir Abdullah, seorang ulama penulis asal tanah Melayu. Kandungan manuskrip ini, membicarakan masalah seputar Jum’at, juga membahas mengenai hukum penyembelihan secara Islam.

Pada bagian akhir naskah manuskrip, terdapat pula suatu nasihat panjang, manuskrip ini ditutup dengan beberapa amalan wirid Beliau selain amalan Tariqat Qadiriyah-Naqsyabandiyah.

Karya lain (juga berupa manuskrip) membicarakan tentang fikih, mulai thaharah, sholat dan penyelenggaraan jenazah ditemukan di Kampung Mendalok, Sungai Kunyit, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat, pada 6 Syawal 1422 H/20 Disember 2001 M. karya ini berupa manuskrip tanpa tahun, hanya terdapat tahun penyalinan dinyatakan yang menyatakan disalin pada hari kamis, 11 Muharam 1281 H. oleh Haji Ahmad bin Penggawa Nashir.

Sedangkan mengenai masa hidupnya, sekurang-kurangnya terdapat dua buah kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh orang Arab, menceritakan kisah ulama-ulama Mekah, termasuk di dalamnya adalah nama Syeikh Ahmad Khatib Sambas. Kitab yang pertama, Siyar wa Tarajim, karya Umar Abdul Jabbar. Kitab kedua, Al-Mukhtashar min Kitab Nasyrin Naur waz Zahar, karya Abdullah Mirdad Abul Khair yang diringkaskan oleh Muhammad Sa'id al-'Amudi dan Ahmad Ali.

 

Murid-Muridnya antara lain :

1. Syeh Nawawi Al Bantani

2. Syeh Muhammad Kholil Bangkalan Madura

3. Syeh Abdul Karim Banten

4. Syeh Tolhah Cirebon

Syeh Nawawi Al Bantani dan Syeh Muhammad Kholil selain berguru kepada Syeh Ahmad Khatib Sambas juga berguru kepada Syeh Ahmad Zaini Dahlan, mufti mazhab Syafii di Masjidil Haram Mekkah.

Sepeninggal Syeh Ahmad Khatib Sambas, Imam Nawawi Al Bantani ditunjuk meneruskan mengajar di Madrasah beliau di Mekkah tapi tidak diberi hak membaiat murid dalam tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Sedangkan Syeh Muhammad Kholil, Syeh Abdul Karim dan Syeh Tolhah diperintahkan pulang ke tanah Jawa dan ditunjuk sebagai Khalifah yang berhak menyebarkan dan membaiat murid dalam tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah.

Murid murid Syeh Ahmad Khatib Sambas diatas adalah guru para Ulama-Ulama Nusantara generasi berikutnya yang dikemudian hari menjadi ulama yang mendirikan pondok pesantren dan biasa dipanggil dan digelari sebagai KYAI, Tuan Guru, Ajengan, dsb.

 

COPAS : http://biacksambas.blogspot.com/2011/04/syeh-ahmad-khatib-sambas-1803-1875-guru.html (fy)