Selasa, Maret 20, 2012

SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
2.1 Membaca Q.S. Al Isra: 26–27 dan Q.S. Al-Baqarah: 177

• Al-Qur’an Surat Al Isra : 26-27
• Al-Qur’an Surat Al Baqarah : 177
• Membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu membaca Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
- Buku-buku
yang relevan.
2.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177

• Q.S. Al Isra : 26-27
• Q.S. Al Baqarah : 177
• Mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
- Buku-buku
yang relevan.
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam Q.S. Al-Isra: 26-27 dan Q.S. Al Baqarah: 177

• Al-Qur’an Surat Al Isra: 26-27
• Al-Qur’an Surat Al Baqarah: 177
• Mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
• Mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177
• Menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra: 26-27 dan Al Baqarah: 177

• Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
• Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177

Jenis Tagihan:
Tugas Individu


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 14-27.
- Buku-buku
yang relevan.














SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akidah
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
- Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah

• Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas.

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
- Buku-buku
yang relevan.
3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

Beriman kepada Rasul-rasul Allah:
- Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh-contoh beriman kepada rasul-rasul Allah.
• Mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.

• Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Mampu mengidentifikasi contoh-contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
- Buku-buku
yang relevan.
3.3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

Beriman kepada Rasul-rasul Allah :
- Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
• Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam pembelajaran.
• Meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah.

• Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
• Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-37.
- Buku-buku
yang relevan.



SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan berperilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER
/BAHAN
/ALAT
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja`

Taubat dan Raja’ :
• Pengertian Taubat
• Pengertian Raja’
• Mendiskusikan pengertian taubat .
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian taubat
• Mendiskusikan pengertian raja’.
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang pengertian raja’.
• Mampu menjelaskan pengertian taubat




• Mampu menjelaskan pengertian raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
- Buku-buku
yang relevan.
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`

Taubat dan Raja’ :
• Contoh Perilaku Taubat
• Contoh Perilaku Raja’
• Mempraktikkan contoh-contoh perilaku taubat.
• Menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat.
• Mempraktikkan contoh-contoh perilaku raja’.
• Menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’.

• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku taubat
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
- Buku-buku
yang relevan.
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari hari

Pembiasaan Taubat dan Raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
• Membiasakan raja’ dalam pembelajaran.
• Membiasakan taubat dalam pembelajaran.
• Terbiasa berperilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 38-48.
- Buku-buku
yang relevan.





















SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
5.1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam

Transaksi Ekonomi dalam Islam:
- Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam
• Mendiskusikan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam dalam kelompok.
• Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.

• Mampu menjelaskan ketentuan hukum jual beli.
• Mampu mengemukakan dalil tentang dalil tentang jual beli.
• Menjelaskan macam-macam jual beli.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
- Buku-buku
yang relevan.
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
Transaksi Ekonomi dalam Islam:
- Contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
• Mendiskusikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam
• Melakukan simulasi tentang transaksi ekonomi dalam Islam
• Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
• Mempraktekkan tentang transaksi ekonomi dalam Islam
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
- Buku-buku
yang relevan.
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan transaksi ekonomi dalam Islam
• Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mendiskusikan tentang transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam simpan pinjam
• Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam sewa menyewa
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 49-71.
- Buku-buku
yang relevan.




















SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan ( 1250 – 1800 )


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan

Perkembangan Islam pada abad pertengahan.
• Mendiskusikan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan .
• Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada abad pertengahan

• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
- Buku-buku
yang relevan.
6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan

Contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
• Mengidentifikasi dari peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
• Mendiskusikan contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.

• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
• Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 72-85.
- Buku-buku
yang relevan.

SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 7. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER
/BAHAN
/ALAT
7.1 Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

• Q.S. Ar-Rum; 41-42
• Q.S. Al-A’raf;56-58
• Q.S. As-Shad; 27
• Membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
• Mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27

• Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 94-110.
- Buku-buku
yang relevan.
7.2 Menjelaskan arti Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

• Q.S. Ar-Rum; 41-42
• Q.S. Al-A’raf;56-58
• Q.S. As-Shad; 27
• Mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
• Mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
• Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27

• Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
• Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
• Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 94-110.
- Buku-buku
yang relevan.
7.3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27

• Q.S. Ar-Rum; 41-42
• Al-A’raf;56-58
• As-Shad; 27
• Mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
• Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
• Menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

• Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
• Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
• Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 94-110.
- Buku-buku
yang relevan.


















SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Akidah
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah
• Mendiskusikan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
• Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah dalam pembelajaran.

• Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
• Menunjukkan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah.

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 111-121.
- Buku-buku
yang relevan.
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
• Mendiskusikan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
• Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
• Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

• Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 111-121.
- Buku-buku
yang relevan.




SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain

Menghargai karya orang lain.
• Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
• Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian dan maksud menghargai karya orang lain

• Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain.
• Mampu menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 122-133.
- Buku-buku
yang relevan.
9.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain

Contoh Perilaku yang menghargai karya orang lain
• Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
• Menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.

• Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
• Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 122-133.
- Buku-buku
yang relevan.
9.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

Pembiasaan Perilaku yang menghargai karya orang lain
• Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
• Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.

• Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.

• Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 122-133.
- Buku-buku
yang relevan.


SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 10. Menghindari perilaku tercela.



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
10. 1 Menjelaskan pengertian dosa besar

Dosa besar
- Pengertian Dosa besar
• Mendiskusikan pengertian dosa.
• Mendiskusikan pengertian dosa besar
• Mampu menjelaskan pengertian dosa..
• Mampu menjelaskan pengertian dosa besar
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 134-150.
- Buku-buku yang relevan.
10. 2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar

Dosa besar
- Contoh-contoh perbuatan dosa besar
• Mendiskusikan contoh-contoh perbuatan dosa besar.
• Mendiskusikan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.
• Mampu menyebutkan beberapa contoh perbuatan dosa besar.
• Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan yang termasuk dosa besar.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 134-150.
- Buku-buku yang relevan.
10. 3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

Dosa besar
- Cara Menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
• Mendiskusikan cara-cara menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar.
• Mempraktikkan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.

• Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar.
• Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-sehari.
Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 134-150.
- Buku-buku yang relevan.




SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah

Tatacara Pengurusan Jenazah:
o Memandikan
o Mengkafani
o Menshalatkan
o Menguburkan
• Mendiskusikan tata cara memandikan jenazah.
• Mendiskusikan tata cara nmengkafani jenazah.
• Mendiskusikan tata cara menshalatkan jenazah.
• Mendiskusikan tata cara menguburkan jenazah.

• Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah
• Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah
• Mampu menjelaskan tata cara menshalatkan jenazah
• Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 151-168.
- Buku-buku
yang relevan.
11.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah

Praktik tata cara pengurusan jenazah:
o Memandikan
o Mengkafani
o Menshalatkan
o Menguburkan
• Mempraktikkan tata cara memandikan jenazah.
• Mempraktikkan tata cara mengkafani jenazah.
• Mempraktikkan tata cara menshalatkan jenazah.
• Mempraktikkan tata cara menguburkan jenazah.

• Mampu memperagakan tata cara memandikan jenazah
• Mampu memperagakan tata cara mengkafani jenazah
• Mampu memperagakan tata cara menshalatkan jenazah
• Mampu memperagakan tata cara menguburkan jenazah

Jenis Tagihan:
Unjuk kerja

Bentuk instrumen:
Lembar Pengamatan

4 jam
Boneka, kain kafan, keranda, alat-alat mandi, liang lahat.


SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 12. Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
Pengertian :
o Khutbah
o Tabligh
o Dakwah
• Mendiskusikan pengertian khutbah.
• Mendiskusikan pengertian tabligh
• Mendiskusikan pengertian dakwah.
• Mampu menjelaskan pengertian khutbah.
• Mampu menjelaskan pengertian tabligh
• Mampu menjelaskan pengertian dakwah.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 169-181.
- Buku-buku yang relevan.
12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah

Tatacara :
o Khutbah
o Tabligh
o Dakwah
• Mendiskusikan tatacara khutbah
• Mendiskusikan tata cara tabligh.
• Mendiskusikan tata cara dakwah.
• Mampu menjelaskan tata cara khutbah yang baik
• Mampu menjelaskan tatacara tabligh yang baik
• Mampu menjelaskan tatacara dakwah

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 169-181.
- Buku-buku yang relevan.
12.3 Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah

Peragaan :
o Khutbah
o Tabligh
o Dakwah
• Menyusun teks khutbah dan dakwah.
• Memperagakan khutbah.
• Memperagakan tabligh.
• Memperagakan dakwah.
• Mampu menyusun teks khutbah jumat dan dakwah.
• Mampu memperagakan khutbah
• Mampu memperagakan tabligh.
• Mampu memperagakan dakwah

Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
Laporan makalah

2 jam
-Mimbar


SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 2
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang).


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

Perkembangan Islam pada masa Modern.
• Mendiskusikan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern .
• Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat dari perkembangan Islam pada masa modern.
• Mampu menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa modern.
• Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 182-195.
- Buku-buku
yang relevan.
13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern

Contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
• Mengidentifikasi dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
• Mendiskusikan contoh-contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.

• Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.
• Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern.

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 182-195.
- Buku-buku
yang relevan.





SILABUS


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
/BAHAN
/ALAT

1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78

• Q.S. Al-Baqarah: 30
• Q.S. Al-Mukminun: 12-14
• Q.S. Az-Zariyat: 56
• Q.S. An Nahl: 78
• Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
• Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

• Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
• Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.
1.2 Menyebutkan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78

• Q.S. Al-Baqarah: 30
• Q.S. Al-Mukminun: 12-14
• Q.S. Az-Zariyat: 56
• Q.S. An Nahl: 78
• Mengartikan perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
• Mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
• Menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
• Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78

• Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
• Mampu menterjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

• Q.S.. Al-Baqarah: 30
• Q.S.. Al-Mukminun: 12-14
• Q.S.. Az-Zariyat: 56
• Q.S.. An Nahl: 78
• Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
• Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
• Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
• Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
• Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
• Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.


Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-17.
- Buku-buku
yang relevan.









SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
/BAHAN
/ALAT
2.1 Membaca Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

• Q.S. Al-An’am; 162-163
• Q.S. Al-Bayyinah: 5
• Membaca dengan fasih Q.S Al-An’am: 162-163
• Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163



• Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi yajwid Q.S Al-An’am: 162-163

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
- Buku-buku
yang relevan.
2.2 Menyebutkan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
• Q.S. Al-An’am; 162-163
• Q.S. Al-Bayyinah; 5
• Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163
• Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
• Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163

• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
• Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Isian singkat
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
- Buku-buku
yang relevan.
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
• Q.S. Al-An’am; 162-163
• Q.S. Al-Bayyinah; 5
• Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
• Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
• Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163

• Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
• Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
• Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 18-27.
- Buku-buku
yang relevan.













SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akidah
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Asmaul Husna:
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
• Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
• Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.

• Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
• Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
- Buku-buku
yang relevan.
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Asmaul Husna:
- 10 Asmaul Husna dan artinya
• Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
• Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

• Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
• Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
- Buku-buku
yang relevan.
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
• Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
• Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
• Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
• Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna



Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 28-44.
- Buku-buku
yang relevan.



SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan
Husnuzhan:
- Pengertian Perilaku Husnuzhan
• Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
• Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
• Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
• Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
• Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
- Buku-buku
yang relevan.
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
Husnuzhan:
- Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.



• Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
• Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
• Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
- Buku-buku
yang relevan.
4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
Husnu zhan :
- Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
• Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
• Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
• Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.


• Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
• Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
• Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
- Buku-buku
yang relevan.
















SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
5.1 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Sumber hukum Islam:
o Al-Qur’an
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
o Al-Hadits
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
o Ijtihad
- Pengertian
- Kedudukan
- Fungsi
• Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam.
• Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
• Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
• Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
• Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
• Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
• Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
• Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
Uraian singkat
4 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
- Buku-buku
yang relevan.
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Hukum Taklifi :
• Pengertian hukum taklifi.
• Kedudukan hukum taklifi.
• Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

• Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
• Mendiskusikan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
• Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

• Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
• Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
• Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
- Buku-buku
yang relevan.
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
Hukum taklifi:
- Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
• Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
• Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.

• Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
• Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
• Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 57-75.
- Buku-buku
yang relevan.





SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah

Keteladanan Rasulullah SAW:
- Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
• Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
• Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah.
• Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
• Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
• Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
- Buku-buku
yang relevan.
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

Keteladanan Rasulullah SAW :
-Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
• Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.

• Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
• Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 76-89.
- Buku-buku
yang relevan.



SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT

7.1 Membaca Q.S. Ali Imran: 159 dan Q.S. Asy Syura: 38
• Ali Imran : 159
• Asy-Syura : 38
• Membaca dengan fasih Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
• Mengidentifikasi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38

• Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
• Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 95-105.
- Buku-buku
yang relevan.

7.2 Menyebutkan arti Q.S. Ali Imran 159: dan Q.S. Asy Syura: 38

• Q.S.. Ali Imran: 159
• Q.S.. Asy-Syura; 38
• Menyebutkan arti per-kata Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
• Menyebutkan per-ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
• Mendiskusikan terjemah Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38.

• Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
• Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
• Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 95-105.
- Buku-buku
yang relevan.
7.3 Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S. Ali Imran;159, dan Q.S. Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari

• Q.S. Ali Imran ayat 159.
• Q.S. Asy-Syura: 38
• Mengidentifikasi perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
• Mempraktikkan perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
• Menunjukkan perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38

• Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
• Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
Jenis Tagihan:
Perilaku Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 95-105.
- Buku-buku
yang relevan.



SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Akidah
Standar Kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat

Beriman kepada Malaikat :
• Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.
• Mendiskusikan tentang pengertian beriman kepada Malaikat
• Mendiskusikan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
• Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
• Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 106-115.
- Buku-buku
yang relevan.
8.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat

Beriman kepada Malaikat :
• Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
• Mendiskusikan ciri-ciri orang beriman kepada Malaikat.

• Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
• Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 106-115.
- Buku-buku
yang relevan.
8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari

Beriman kepada Malaikat:
• Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat
• Mendiskusikan perilaku yang merupakan cerminan beriman kepada malaikat
• Mendiskusikan perbedaan orang beriman dan orang tidak beriman.
• Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
• Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
Jenis Tagihan:
Perilaku Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 106-115.
- Buku-buku
yang relevan.




SILABUS


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji.


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.

Pengertian:
• Adab dalam berpakaian.
• Adab dalam berhias
• Adab dalam perjalanan
• Adab dalam bertamu dan menerima tamu

• Mendiskusikan pengertian adab dalam berpakaian
• Mendiskusikan pengertian adab dalam berhias
• Mendiskusikan pengertian adab dalam perjalanan dan bertamu atau menerima tamu.
• Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
• Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
• Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
• Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 116-126.
- Buku-buku
yang relevan.
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

Contoh-contoh adab dalam :
• berpakaian
• berhiasp
• perjalanan
• bertamu atau menerima tamu.
• Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian
• Menampilkan contoh-contoh dalam berhias
• Menampilkan contoh-contoh dalam perjalanan
• Menampilkan contoh-contoh bertamu atau menerima tamu.
• Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
• Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
• Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
• Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 116-126.
- Buku-buku
yang relevan.
9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari

Praktik adab dalam:
• Berpakaian
• Berhias
• Perjalanan
• Bertamu dan atau menerima tamu.
• Mempraktikkan adab dalam berpakaian.
• Mempraktikkan adab dalam berhias.
• Mempraktikkan adab dalam perjalanan.
• Mempraktikkan adab dalam bertamu atau menerima tamu.

• Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
• Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
• Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
• Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.

Jenis Tagihan:
Perilaku Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 116-126.
- Buku-buku
yang relevan.














SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 10. Menghindari Perilaku Tercela


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

Perilaku Tercela :
• Pengertian Hasad
• Pengertian Riya
• Pengertian Aniaya
• Pengertian Diskriminasi.

• Mendiskusikan pengertian hasad.
• Mendiskusikan pengertian riya.
• Mendiskusikan pengertian aniaya.
• Mendiskusikan pengertian diskriminasi.
• Mampu menjelaskan pengertian hasad
• Mampu menjelaskan pengertian riya.
• Menjelaskan pengertian riya.
• Menjelaskan pengertian diskriminasi
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 127-137.
- Buku-buku
yang relevan.
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.

Contoh-contoh perilaku tercela :
• Hasad
• Riya
• Aniaya
• diskriminasi
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku hasad.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku riya.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku aniaya.
• Mendiskusikan contoh-contoh perilaku diskriminasi.

• Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
• Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
• Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
• Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 127-137.
- Buku-buku
yang relevan.
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

Menghindari perilaku:
• Hasad
• Riya
• Aniaya
• diskriminasi
• Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku hasad.
• Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku riya.
• Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku aniaya.
• Mendiskusikan cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.
• Mampu menghindari perilaku hasad.
• Mampu menghindari perilaku riya.
• Mampu menghindari perilaku aniaya.
• Mampu menghindari perilaku diskriminasi.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 127-137.
- Buku-buku
yang relevan.




SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf

Perundang-undangan tentang pengelolaan:
• Zakat
• Haji
• Wakaf.
• Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
• Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
• Mendiskusikan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.

• Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
• Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
• Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
4 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 138-159.
- Buku-buku
yang relevan.
- Buku UU tentang zakat dan wakaf
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf

Contoh-contoh pengelolaan:
• Zakat
• Haji
• Wakaf.
• Mendiskusikan contoh pengelolaan zakat.
• Mendiskusikan contoh pengelolaan haji.
• Mendiskusikan contoh pengelolaan wakaf

• Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
• Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
• Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat
2 jam
ZIS, Depag

Kertas tranparansi
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan:
• Zakat
• Haji
• Wakaf.
• Mendiskusikan penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
• Mendiskusikan penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
• Mendiskusikan penerapan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.

• Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
• Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
• Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
Buku Undang-undang tentang zakat, haji, dan wakaf



SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 2
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah

Keteladanan Rasulullah SAW:
- Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.
• Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
• Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Madinah.

• Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
• Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 160-174.
- Buku-buku
yang relevan.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

Keteladanan Rasulullah SAW:
- Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
• Mendiskusikan dalam kelompok tentang strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
• Presentasi hasil diskusi kelompok tentang strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
• Meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.


• Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
• Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas
Lembar pengamatan

2 jam





SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

• Surat Al Baqarah:148
• Surat Al Fatir: 32
• Membaca dengan fasih Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
• Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
• Mampu membaca Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
• Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
- Buku-buku
yang relevan.
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

• Surat Al Baqarah:148
• Surat Al Fatir: 32
• Mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
• Mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mendiskusikan terjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mengartikan per-kata Q.S Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar.
• Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32 dengan baik dan benar
• Mampu menterjemah Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
- Buku-buku
yang relevan.
1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Q.S. Al-Fatir: 32

• Surat Al Baqarah:148
• Surat Al Fatir : 32
• Mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.
• Menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir : 32.

• Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32
• Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.
• Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah: 148 dan Al Fatir: 32.

Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam
- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas XI, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 1-13.
- Buku-buku
yang relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Admin;
Copyright @Catatan Edwan Ansari