BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Mengajar
Pelaksanaan praktik mengajar merupakan suatu wadah atau sarana bagi mahasiswa untuk dapat belajar dan mencoba terjun secara langsung untuk dapat merealisasikan ilmu yang telah didapatnya melalui teori dan diterapkan melalui praktik mengajar di sekolah-sekolah. Sangat diharapkan PPL dapat menjadi batu loncatan untuk menuju jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya praktik mengajar ini, nantinya setelah lulus diharapkan mahasiswa dapat terjun ke masyarakat dan dapat menggunakan ilmu yang diperolehnya selama kuliah secara efektif, dan berdaya guna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
B. Gambaran Umum Lokasi Praktik
Sebagaimana umumnya lembaga pendidikan Islam / Madrasah, untuk jadi besar harus dimulai dari yang kecil.
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi berdiri pada tanggal, 01 Desember 1949, sesuai dengan tuntutan zaman pada tanggal, 03 Januari 1978 sekolah ini diakui oleh pemerintah sebagai lembaga pendidikan formal dengan status terdaftar yang diberi nama MI Al-Abadi Sumanggi,kemudian pada tanggal, 25 Nopember 1995 statusnya ditingkatkan menjadi MIN Sumanggi dengan nomor statistik 111630708021.
Kepala Sekolah di MIN Sumanggi saat ini adalah Ibu Masliana, A. Ma, MIN Sumanggi telah berganti Kepala Sekolah sebanyak tiga kali yaitu
1) H. Anjar Usman 1973-1988
2) H. Djusman 1989-2002
3) M. Asphihani, S.Ag 2002-2009
4) Masliana, A. Ma 2009-sekarang
Untuk mengetahui keadaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi, sebagai berikut :
1. Nama : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi
2. Alamat : Jalan Sumanggi Kec. Batang Alai Utara
3. Batas-batasnya :
a. Sebelah Barat berbatasan dengan jalan Sumanggi
b. Sebelah Timur berbatasan dengan kuburan muslimin
c. Sebelah Utara berbatasan dengan rumah penduduk
d. Sebelah Selatan berbatasan dengan rumah penduduk
Luas tanah seluruhnya terdiri dari:
a. Luas tanah bangunan 301 m2
b. Luas tanah untuk pekarangan 153 m2
BAB II
LAPORAN HASIL KEGIATAN PPL
A. Tujuan Pelaksanaan Kegiatan PPL
1. Tujuan
1. Mahasiswa cukup terlatih dalam berbagai keterampilan dasar keguruan yang meliputi :
1) Mampu membuat persiapan mengajar yang baik.
2) Mampu mengungkapkan pengertian dengan jelas.
3) Mampu membawakan pelajaran dengan sikap dan gaya yang sesuai dengan profesi.
4) Mampu berbicara dengan lancar sewaktu mengajar.
5) Terampil dalam membuka dan menutup pelajaran.
6) Terampil dalam mengajukan pertanyaan.
7) Terampil dalam memberikan dorongan kepada siswa.
8) Mampu menggunakan alat pelajaran dengan tepat.
9) Mampu menerapkan teori dedukatif.
10) Memiliki sikap percaya kepada diri sendiri.
2. Mahasiswa cukup terlatih dalam beberapa keterampilan proses belajar mengajar yang meliputi:
1) Penguasaan bahan pelajaran.
2) Pengelolaan program belajar mengajar.
3) Pengelolaan pengajaran.
4) Penggunaan media/sumber belajar.
5) Pengelolaan interaksi belajar mengajar.
6) Evaluasi prestasi siswa.
7) Pengalaman nilai-nilai dan norma keagamaan di kelas.
3. Mahasiswa cukup terlatih dalam beberapa keterampilan yang berhubungan dengan administrasi sekolah yang meliputi :
1) Administrasi kelas.
2) Administrasi sekolah.
3) Administrasi perkantoran.
4) Mampu merancang prinsip-prinsip administrasi dalam pengadministrasian sekolah.
2. Sasaran
Sasaran yang hendak dicapai dari pelaksanaan PPL ini adalah mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, pengalaman, keterampilan, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya, cakap atau mampu dan tepat menggunakannya didalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
B. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
a. Tempat
Tempat pelaksanaan PPL adalah :
1. Pembekalan peserta PPL, dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Washliyah Barabai.
2. Observasi dan pelaksanaan praktik mengajar dan administrasi, dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
b. Waktu Pelaksanaan Kegiatan PPL
Adapun waktu pelaksanaan PPL adalah :
1. Pembekalan berupa pemberian pengetahuan teknis tentang kegiatan PPL dan Praktik mengajar di ruang Micro Teaching STAI Barabai.
2. Observasi lapangan, praktik mengajar, administrasi dan BP pada MIN di sekolah tempat PPL dilaksanakan mulai tanggal 01 Juli sampai dengan 25 September 2010.
C. Bentuk Pelaksanaan PPL
I. Observasi Lapangan
Observasi lapangan ini bertujuan mengenal lebih banyak madrasah/ sekolah sebagai tempat praktik.
a. Observasi Sekolah Secara Umum.
Menurut pengamatan penulis, gedung sekolah MIN Sumanggi sangat dan tepat dan cukup baik untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar karena jauh dari kebisingan kendaraan atau suara-suara yang dapat mengganggu proses kegiatan belajar dan mengajar. Di setiap ruangan sekolah dapat difungsikan sebagaimana mestinya, baik ruangan belajar, ruangan Kepala Madrasah, ruangan dewan guru, ruang guru dan ruang tata usaha. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran.
Ruang belajar MIN Sumanggi berjumlah 6 ruangan yang terdiri dari kelas I, kelas II, kelas III, kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Dalam pengaturannya cukup rapi dan sesuai tempatnya. Setiap ruang belajar mempunyai ventilasi udara sehingga keadaan ruangan belajar cukup sejuk dan nyaman.
Ruang Kepala Madrasah dilengkapi dengan ruang tamu serta perlengkapan lainnya. Letak ruang Kepala Madrasah diberi dinding pemisah dengan ruang guru.
Halaman bermain cukup luas, juga digunakan untuk berolah raga, tempat parkir dan upacara bendera. Ruang perpustakaan menyatu dengan ruang UKS. Hal ini karena terbatasnya ruang yang ada pada MIN Sumanggi.
Terakhir Ketika peserta PPL STAI Al-Washliyah Barabai datang, Sedang Di bangun Ruangan Baru yang mana nanti setelah selesai di bangun akan dipergunakan untuk Moshala dan juga ruangan Perpustakaan.
Dalam proses belajar mengajar keadaan siswa pada umumnya aktif, sebagian besar cukup tanggap dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini dibuktikan apabila siswa diberi kesempatan bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Sebagian cepat dan tanggap memberikan dan menjawab pertanyaan dengan baik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Kegiatan Ekstrakurikuler:
Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MIN Sumanggi meliputi:
1. PHBI : Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw.
: Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad
Saw.
2. PHBN : Peringatan Hari Pendidikan tanggal 2 Mei
: Peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945
3. Kegiatan lain-lain
a. Pramuka
b. PMI
c. Maulid Al-Habsyi
d. Dan lain-lain
Kegiatan Intrakurikuler
Pada MIN Sumanggi kurikulum yang dipakai adalah: KTSP Jadwal pelajaran dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada dan disesuaikan juga dengan kalinder akademis.
b. Observasi Kelas
Selama waktu observasi penulis masuk pada kelas yang sedang melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Secara umum situasi kelas dalam keadaan tenang, demikian juga tempat duduk siswa teratur dengan baik serta suhu udaranya sejuk dan nyaman.
Pengaturan peralatan dalam ruangan cukup baik seperti papan tulis, meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa. Semua ini digunakan dan berfungsi sesuai dengan fungsinya masing-masing dan terletak pada tempatnya.
Pada kelas yang penulis observasi dalam keadaan baik dan peralatan yang cukup lengkap, seperti: lemari, papan absen, gambar, alat peraga, papan tulis, meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa, struktur organisasi kelas, daftar pelajaran dan daftar kebersihan.
c. Observasi Administrasi Sekolah
Sesuai dengan hasil observasi administrasi sekolah, adalah:
1. Tenaga Tata Usaha (TU) berjumlah 1 (satu) orang.
2. Sarana Administrasi Sekolah, meliputi:
a. Struktur Organisasi sekolah
b. Perincian tugas guru dan karyawan sekolah.
c. Program Kerja Tahunan.
d. Kalender Akademik.
e. Peraturan dan tata tertib sekolah.
f. Laporan bulanan, tengah tahunan, dan tahunan.
g. Mengadakan data kenaikan, kelulusan, regestrasi ijazah/ STTB, dan lain-lain.
3. Sarana administrasi Keguruan
a. Kumpulan Renacana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Buku pegangan guru.
c. Kumpulan bahan evaluasi.
d. Buku nilai.
e. Rencana kerja guru.
f. Buku catatan pembinaan.
g. Diagram pencapaian sasaran kurikulum.
4. Sarana Administrasi Kesiswaan
a. Buku induk siswa.
b. Kumpulan daftar siswa perkelas.
c. Daftar hadir siswa.
d. Daftar penerimaan siswa baru.
e. Daftar alumni.
f. Daftar penerima STTB.
5. Sarana Administrasi Kepegawaian
a. Buku induk pegawai.
b. Daftar jenjang kepangkatan
c. Blanko kepegawaian (konduita, kenaikan gaji, kenaikan pangkat, cuti, dan lain-lain).
6. Sarana Administrasi Surat-menyurat
a. Buku agenda surat masuk dan surat keluar.
b. Buku ekspedisi
c. Berkas surat masuk dan keluar.
d. Berkas surat keputusan dan peraturan.
7. Sarana Administrasi Keuangan
a. RAPBS.
b. Daftar Isian Kegiatan (DIK).
c. Buku penerimaan SPMU
d. Buku Kas Pembantu.
e. Buku Kas Umum.
f. Buku tabelaris.
g. Buku setoran ke Bank (KPN).
h. Buku penerimaan gaji dan lembur.
8. Sarana Administrasi UKS
a. Kartu pribadi siswa.
b. Diagram pertumbuhan siswa.
c. Diagram kesehatan siswa.
d. Buku catatan hasil kesehatan.
e. Program UKS, laporan bulanan.
9. Sarana Administrasi Perlengkapan
a. Buku induk perlengkapan.
b. Daftar penerimaan barang.
c. Daftar permintaan barang.
d. Rencana pengadaan barang.
e. Surat mengenai tanah dan gedung.
f. Laporan kerusakan.
10. Sarana Administrasi Perpustakaan
a. Daftar induk kepustakaan.
b. Daftar klasifikasi buku/ majalah.
c. Kartu pengarah.
d. Tata tertib peminjam.
11. Sarana Administrasi Hubungan sekolah dan Masyarakat
a. Program Komite Sekolah.
b. Bantuan Komite Sekolah terhadap sekolah.
c. Buku notulen rapat Komite Sekolah.
d. Dokumen hasil pertemuan sekolah tentang siswa.
e. Jadwal penyerahan raport, STTB kepada Komite Sekolah atau orang tua siswa.
II. Praktik
a. Bidang Mengajar
1. Metode yang dipakai
Sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan penulis dari tanggal 01 Juli sampai dengan 25 September 2010, pada umumnya metode yang dipakai oleh pengajar (guru) pada madrasah tersebut adalah:
a) Metode ceramah
b) Metode tanya jawab
c) Metode demonstrasi
d) Metode penugasan
Dalam pelaksanaannya praktik dan ujian, penulis menggunakan pendekatan. Adapun pendekatan yang umumnya dipakai adalah pendekatan keterampilan proses.
Praktik pertama:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik kedua:
1. Metode ceramah
2. Metode demonstrasi
3. Metode tanya jawab
Praktik ketiga:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik keempat:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik kelima:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik keenam:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik ketujuh:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik kedelapan:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
Praktik kesembilan:
1. Metode ceramah
2. Metode demonstrasi
3. Metode penugasan
Praktik kesepuluh:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode penugasan
b. Bidang Administrasi
Hal-hal administrasi yang dilakukan penulis pada masa kegiatan praktik adalah:
1. Membuat struktur organisasi kelas I sampai kelas VI
2. Membuat bagan struktur organisasi guru dan TU
3. Membuat jadwal pelajaran
4. Membuat jadwal pelajaran setiap kelas dari I sampai dengan kelas VI
5. Membuat Struktur Komite Sekolah MIN Sumanggi tahun 2010/ 2011
6. Membuat Denah MIN Sumanggi
7. Membuat denah kantor dan denah kelas
8. Mengisi rekapitulasi bulanan absen siswa (2010-2011)
9. Mengisi daftar urut kepangkatan guru dan karyawan MIN Sumanggi Tahun 2010/2011
Dari kegiatan administrasi tersebut diatas, penulis mulai laksanakan mulai tanggal 01 Juli sampai dengan 25 September 2010
III. Kendala yang Dihadapi dan Cara Penyelesaiannya.
a. Masalah / Kendala yag ditemui di lapangan.
Dalam melaksanakan praktik mengajar ini ada beberapa masalah / kendala yang dihadapi, baik masalah yang datang dari luar ataupun masalah yang datang dari penulis sendiri, diantaranya :
1. Pelaksanaan yang berbenturan dengan bulan suci Ramadhan yang mengakibatkan pelaksanaann Program pengalaman lapangan para mahasiswa terkendala waktu
2. Ketika penulis mengajar pada akhir-akhir jam pelajaran perhatian siswa semakin berkurang, sehingga menyulitkan penulis dalam menyampaikan pelajaran.
3. Karena penulis praktik mengajar di beberapa kelas, yaitu kelas I, II, III, IV, V, dan VI hanya bebera kali pertemuan saja, penulis cukup sulit untuk mengenal nama-nama siswa secara keseluruhan dan hal tersebut cukup membuat kesulitan bagi penulis ketika ujian praktek mengajar.
4. Selama penulis menjalankan tugas PPL penulis menghadapi masalah pada salah seorang murid yang kurang bisa dalam menerima setiap pelajaran (lamban) dibandingkan dengan teman-temannya. Setiap diadakan evaluasi di akhir pelajaran dia selalu mendapat nilai yang kurang memuaskan.
b. Upaya Pemecahan Masalah.
Dari tiga hal diatas penulis mengupayakan pemecahan masalah tersebut dengan cara :
1. Penulis telah melakukan Konsolidasi dengan pihak Tim Pengelola PPL untuk mempertimbangkan masalah waktu dan meninjau kembali kebijakan-kebijakan Tim Pengelola PPL
2. Memotivasi siswa untuk dapat tenang pada akhir-akhir jam pelajaran, penulis memberikan cerita yang ada hubungannya dengan mata pelajaran dan memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan pelajaran saat itu diselingi dengan tanya jawab, sehingga suasana belajar kembali menjadi tenang dan siswa aktif memperhatikan serta semangat siswa bangkit kembali terhadap mata pelajaran yang diberikan.
3. Penulis juga Memberikan Motivasi Kepada siswa tentang pentingnya sekolah dan menanamkan nilai-nilai agama, akhlakul karimah
4. Bekenaan dengan kesulitan mengingat nama siswa, penulis lakukan dengan meminta mereka menyebut namanya ketika ditunjuk untuk menjawab pertanyaan yang di lontarkan.
5. Diadakan pendekatan dan diberikan perhatian yang khusus, diberikan tugas atau PR dirumah.
Dari berbagai masalah tersebut penulis menyadari bahwa untuk terciptanya suasana belajar yang baik, menyenangkan dan bergairah diperlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengantisipasi situasi, bagaimana seharusnya sikap guru dalam menghadapi siswa, supaya mereka turut berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, sehingga tercipta interaksi yang baik dan iklim yang kondusif dalam proses kegiatan belajar mengajar.
BAB III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
Dari beberapa uraian di atas, penulis berkesimpulan :
1. MIN Sumanggi yang berlokasi di Desa Sumanggi, Kecamatan Batang Alai Utara. Kabupaten Hulu Sungai Tengah, adalah suatu lembaga pendidikan yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar seperti apa yang diharapkan.
2. Keberhasilan MIN Sumanggi ini ditunjang oleh situasi dan kondisi serta kemampuan guru dalam upaya pencapaian tujuan yang ingin dicapai secara efektif.
3. Para siswa MIN Sumanggi cukup disiplin dalam mematuhi segala praturan dan tata tertib yang berlaku di Madrasah tersebut.
4. Pelaksanaan PPL ini berguna bagi masyarakat untuk tujuan secara langsung ke sekolah dalam proses belajar mengajar yang merupakan suatu upaya untuk menerapkan pengetahuan yang diberikan sewaktu kuliah.
B. Saran-Saran
1. Kepada Kepala Madrasah diharapkan dapat memberikan bimbingan kepada guru-guru agar dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara kepala madrasah dan guru.
2. Guru hendaknya dapat menumbuh kembangkan minat baca siswa, sehingga keberadaan perpustakaan benar-benar bermanfaat.
3. Kepada para siswa, marilah belajar dengan giat agar dapat berprestasi yang baik dan dapat menggapai cita-cita yang diinginkan.
4. Bagi peserta PPL hendaknya mempersiapkan diri untuk memprogramkan materi yang akan diambil sebelum pelaksanaan mengajar, sehingga pelaksanaan praktik yang dilakukan benar-benar mantap.
5. Untuk semua pihak, tingkatkanlah semua yang ada supaya lebih baik lagi, sehingga bisa mencapai kemajuan-kemajuan dan hasil yang memuaskan.
DAFTAR LAMPIRAN
I. Denah Lokasi MIN Sumanggi
II. Denah Ruang Kepala Sekolah, TU dan Dewan Guru.
III. Denah Ruangan Kelas I s/d VI MIN Sumanggi
IV. Visi dan Misi MIN Sumanggi
V. Tabel Siswa MIN Sumanggi
VI. Tata tertib MIN Sumanggi
VII. Jadwal Pelajaran MIN Sumanggi
VIII. Daftar Kegiatan Praktik Mahasiswa STAI Al Washliyah Barabai.
IX.
TANDA PENGESAHAN
Laporan : Hasil kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
Tempat : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi
Oleh : M. Edwan Ansari
Mahasiswa : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Washliyah Barabai
NIM/NIMKO : 07.14.1953/ 07.11.01.01.01.01576
Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Akademik : 2010/2011
Program Studi : Strata Satu (S1)
Tempat Tanggal Lahir : Dangu, 28 Agustus 1987
Alamat sekarang : Jln. Ilung Pasar Lama, Desa Ilung Pasar lama, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Setelah diteliti kembali dan diadakan perbaikan seperlunya, maka saya dapat menyetujui laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini untuk diserahkan kepada TIM Pengelola Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Strata Satu STAI Al-Washliyah Barabai.
Demikian tanda peengesahan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Barabai, Nopember 2008
Ketua Tim Pengelola Program Pengalaman Lapangan
Sulhan,S.Sos.I
Kepala MIN Sumanggi Supervisor
Masliana, A. Ma Masliana, A. Ma
NIP. 19630505 198703 2 002 NIP. 19630505 198703 2 002
KATA PENGANTAR
بشم الله الرحمن الر حيم
الحمدالله ر ب ا لعالمين و اﻟﺼﻼ ۃ و اﻠﺳﻼ ﻢ
عل ا شر ف اﻻعنبيا ء و المر سلين سيد نا محمد و عل اله وصحبه اجمعين
Segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayahNya sehingga kami dapat melaksanakan observasi, Praktek mengajar, hingga penulisan laporan ini.
Salawat dan salam selalu kita curahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam yang terang benderangdengan Iman, Islam dan Ihsan.
Adapun Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi calon pendidik agar terlatih dan memperoleh keterampilan sebagai guru yang profesional. Penulis menyadari dalam penulisan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi kesempornaan laporan ini dan sebagai pedoman pembuat laporan dimasa yang akan datang.
Dalam pelaksanaan dan pembuatan laporan hasil kegiatan PPL ini, penulis banyak menerima bantuan dari berbagai pihak, baik langsung maupun tidak langsung oleh karena itu penulis menyampaikan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak K.H. Hasan Husaini, Lc selaku Ketua STAI Al-Washliyah Barabai
2. TIM Pengelola PPL Program S1 STAI Al-Washliyah Barabai
3. Ibu Masliana, A. Ma selaku Kepala MIN Sumanggi
4. Guru pamong yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta informasi tentang bahan pelajaran dan pembuatan rencana pembelajaran.
5. Ibu Masliana, A. Ma selaku supervisor PPL MIN Sumanggi
6. Seluruh dewan guru dan staf tata usaha yang telah memberikan bantuan berupa data dan informasi tentang sekolah dll.
7. Tim pengelola PPL yang telah memberikan pembekalan dalam melaksanakan PPL.
8. Rekan – rekan STAI Al-Washliyah Barabai yang membantu penulis berupa informasi-informasi yang berhubungan dengan kegiatan PPL.
9. Semua pihak yang telah memberikan bantuan sehingga tersusunnya laporan ini.
Akhirnya semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan RidhaNya pada setiap aktivitas yang kita lakukan amiin
Sumanggi, Nopember 2008
Penulis
M. Edwan Ansari
NIM. 07.14.1953
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
TANDA PERSETUJUAN
KATA PENGANTAR………………………………………………………………..i
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………...……………………………………….....iii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………..1
BAB II LAPORAN HASIL KEGIATAN PPL……………………………………...3
A. Tujuan Pelaksanaan Kegiatan PPL……………………………………3
B. Tempat dan Waktu Pelaksanaan………………………………………5
C. Bentuk Pelaksanaan…………………………………………………...5
I. Observasi Lapangan…………………………………………..5
a. Observasi Sekolah Secara Umum…………………….6
b. Observasi Kelas….……………………………………8
c. Observasi Administrasi Sekolah……….……………..9
II. Praktek……………………………………………………….12
a. Bidang Mengajar…………………………………….12 b. Bidang Administrasi…..……………………………..15
III. Kendala yang dihadapi………………………………………16
BAB III PENUTUP..................................................................................................19
A. Kesimpulan…………………………………………………………..19
B. Saran-saran...…………………………………………………………20
VISI DAN MISI MIN SUMANGGI
Nama Sekolah : MIN SUMANGGI
Kecamatan : Batang Alai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Tengah
Provinsi : Kalimantan Selatan
Kode Pos : 71391
Surat Kelembagaan : No :515A
Tanggal : 25 November 2005
Tahun Berdiri :
Tahun Perubahan : 1978 dan 1995
Perjalanan : Non Formal : 01 Desember 1949-02 Januari 1978
Formal : 03 Januari 1978-24 November 1995
Negeri : 25 November 1995-Sekarang
A. VISI
‘ Terwujudnya MIN Sumanggi yang popolis, tangguh, berseri, berkualitas, berwawasan dan mandiri serta mempunyai keterampilan hidup berdasarkan iman’
B. MISI
1. Meningkatkan Mi dan MPMBM
2. Melaksanakan PBM dan sistem PAKEM
3. Meningkatkan Pengalaman Ibadah Islam dan Ilmu-ilmu praktek
4. Meningkatkan Kualitas hasil belajar dan keterampilan LIFE SKILL
5. Meningkatkan koordinasi dan kerjasama Stake Holder
6. Memberikan Keteladanan Sikap dalam berbagai kegiatan di MI
7. Memberdyakan SDM yang beroentasi pada peningkatan Profesionalisme dan kemasyarakatan
8. Meningkatkan Kegiatan Ekstrakulikuler
9. Meningkatkan sarana dan prasarana Madrasah serta mengoptimalkan pemantafatkannya.
TANDA PENGESAHAN
Laporan : Hasil kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
Tempat : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumanggi
Oleh : M. Edwan Ansari
Mahasiswa : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Washliyah Barabai
NIM/NIMKO : 07.14.1953/ 07.11.01.01.01.01576
Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Akademik : 2010/2011
Program Studi : Strata Satu (S1)
Tempat Tanggal Lahir : Dangu, 28 Agustus 1987
Alamat sekarang : Jln. Ilung Pasar Lama, Desa Ilung Pasar lama, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Setelah diteliti kembali dan diadakan perbaikan seperlunya, maka saya dapat menyetujui laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini untuk diserahkan kepada TIM Pengelola Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Strata Satu STAI Al-Washliyah Barabai.
Demikian tanda peengesahan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Barabai, Nopember 2008
Ketua Tim Pengelola Program Pengalaman Lapangan
Sulhan,S.Sos.I
Kepala MIN Sumanggi Supervisor
Masliana, A. Ma Masliana, A. Ma
NIP. 19630505 198703 2 002 NIP. 19630505 198703 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Admin;
Copyright @Catatan Edwan Ansari