Jumat, April 15, 2022

Makam Putri Mayang Sari anaknya Raja Banjar yang bergelar Raja Mata Habang atau lebih dikenal sebagai Sultan Suriansyah dimana Ibu dari Putri Mayang Sari adalah anak Tokoh Dayak yang dipersunting oleh Raja Banjar

 Makam Putri Mayang Sari anaknya Raja Banjar yang bergelar Raja Mata Habang atau lebih dikenal sebagai Sultan Suriansyah dimana Ibu dari Putri Mayang Sari adalah anak Tokoh Dayak yang dipersunting oleh Raja Banjar



Sejak 5 abad yang lalu Suku Banjar dan Suku Dayak sudah berdampingan dan bahu membahu dibawah pemerintahan Kerajaan Banjar yang wilayah kekuasaannya hampir meliputi seluruh Pulau Kalimantan


Makam ini letaknya di desa Jaar Kabupaten Barito Timur Kalteng

dibelakang sebuah Gereja 

Disebuah komplek pemakaman dimana ada makam orang Kristen dan orang Kaharingan disitulah Makam Putri Mayang Sari yang beragama Islam yang sangat dihormati oleh mereka.


Ketika saya ditanya dari mana?

dan saya jawab dari Banjar

Saya diundang kerumah juru kunci makam seorang Wanita Dayak yang sangat disegani...mereka sangat menghormati orang Banjar sampai2 waktu ziarah saya diantarkan dan didoakan oleh mereka...


Jadi kalo ada pihak pihak yang ingin menghancurkan keharmonisan suku suku ditanah Kalimantan

Saran saya silahkan jalan jalan dulu dan sedikit belajar tentang sejarah...


#BanjarDayakBakula

#KalimantanDamai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari