Jumat, April 15, 2022

Hanya ada dua pilihan: menjadi apatis atau mengikuti arus. Tapi, aku memilih untuk jadi manusia merdeka

 Malam ini aku lama tak bersua dengan kawanku di waktu aku berstatus Mahasiswa, kumulai kalimat pembukaku dengan 



Hanya ada dua pilihan: menjadi apatis atau mengikuti arus. Tapi, aku memilih untuk jadi manusia merdeka


Aku ini hanya rakyat jelata kawan, karena Ketika kawan-kawwnku sedang sibuk diskusi tentang pangkat jabatan dan kedudukan


sedangkan aku masih sibuk diskusi dengan tema manusia dan segala persoalanya


Ketika kawan-kawanku yg dulu sibuk berebut pangkat dan kedudukan, sedangkan aku masih sibuk soal kemanusiaan dan kemiskinan


kawan2 sibuk mempersolek diri dengan fantopel dan dasi


sedangkan aku  masih berkutat di sendal jepit


kawan2 naik mercy, alphard hingga lamborghini


Aku masih sibuk urusin supra 97 yg olie nya sering bocor jika tak di urusi


Tapi aku menikmati akan pilihan hidupku saat ini..

Jauh merasa lebih tenang dan damai...


Kawan ! Entah kenapa aku lihat ada pergeseran nilai khittah jati diri kaum muda yg mengaku Akademis tp kok bisa 

Nilai2 Idealisme di diskusi2 adek-adek mahasiswa sekarang lebih kepada materialis apatis dan cenderung pragmatis 


hampir 4 tahun aku vakum dari forum2 diskusi di lingkaran mahasiswa atau forum diskusi organisasi yg pernah aku hidup di sana, rindu juga kadang sekedar ngopi berdealiktika


Tetapi apa masih bisa nyamung.   Ketika mereka diskusi  memikirkan isi perut, aku masih sibuk mikirin bagaimana mengisi perut orang lain, walaupun aku sendiri hanya punya sendal jepit kebanggaan sejuta ummat heeee


Aku juga tidak ingin di bilang munafik kawan, sebenarnya ada juga setan2 di alam pikirku menginginkan hal2 matetil itu..dan itu manusiawi 


Pesan terakhirku kepda kawanku itu adalah


jika generasi setelah kita tidak punya empati dan daya pikirnya tidak lagi kritis


Maka sesungguhnya salah kita generasi sebelumnya yg gagal dlm mentransformasikan nilai2 dasar perjuangnan dan mission kehidupan dlm sendi2 berbangsa dan bernegara

Ajak kawan2 diskusi lagi bukan tentang pangkat dan jabatan tetapi tentang bumi manusia dengan segala persoalannya


Ilung Pasar Lama, Kamis 14 April 2022

(ED)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari