KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Taufik dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) di SMA Negeri 4 Barabai ini. Serta salawat dan salam kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikut Beliau hingga akhir zaman.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus s.d. 21 Nopember 2009 ini dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah PPL II.
Adapun tujuan dan kegiatan PPL II ini adalah agar mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) banjarmasin memiliki seperangkat pengalaman yang mencakup latihan mengajar dan tugas-tugas kependidikan di luar mengajar, secara terbimbing, terpadu dalam rangka membentuk profesi kependidikan yang professional di bidangnya.
Tidak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama pada :
1. Bapak Drs. Soenarto sebagai ketua STKIP PGRI Banjarmasin.
2. Bapak H. Khairuddin, S. Pd. Sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Barabai yang telah berkenan menerima kami umtuk melaksanakan PPL II.
3. Ibu Hj. Rezky Nefianti Wahab, M. Si. selaku ketua UPPL
4. Bapak Drs. Sirajuddin, selaku Dosen Pembimbing PPL II.
5. Ibu Sri Isna Hayati, S. Pd. selaku guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 4 Barabai.
6. Seluruh Dewan Guru, Staf Tata Usaha, Staf Perpustakaan, BK dan OSIS SMA Negeri 4 Barabai.
7. Kedua orang tua, seluruh keluarga dan teman-teman yang telah memberikan bantuan secara moril dan materiil.
8. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu namanya yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung.
Dalam penyusunan hasil kegiatan ini, penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan yang perlu disempunakan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan PPL II ini di masa yang akan datang.
Akhir kata atas segala dukungan, bantuan dan bimbingan yang selama ini telah diberikan semua pihak kepada penulis, semoga Allah SWT senantiasa memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya dan semoga hasil laporan PPL II ini membawa manfaat bagi penulis khususnya, dan bagi siapapun yang memerlukannya di kemudian hari.
Amin ya Rabbal ‘Alamin.
Barabai, November 2009
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Banjarmasin merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengupayakan terciptanya tenaga kependidikan yang berkualitas dan mampu terjun dalam kehidupan masyarakat. Dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga profesi kependidikan, mahasiswa diwajibkan mengikuti praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini sebagai salah satu kegiatan kulikuler yang dilakukan oleh mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin mencakup latihan mengajar dan tugas pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu dilakukan untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Praktik Pangalaman Lapangan terbagi menjadi dua, yaitu PPL I dan PPL II. Pada PPL I mahasiswa hanya melakukan observasi atau pengamatan untuk mengenal keadaan lingkungan sekolah dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris, serta mengetahui keadaan administrasi sekolah. Sedangkan PPL II mahasiswa melakukan kegiatan mengajar di dalam kelas untuk menerapakan ilmu yang telah diperoleh.
Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) merupakan salah satu tahap kegiatan mengajar dan latihan tugas pendidikan lainnya yang dilaksanakan terintegrasi dan dalam situasi nyata di sekolah, latihan baik secara tebimbing maupun mandiri.
Kegiatan Prakik Pengalaman Lapangan II (PPL II) ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin sebagai calon guru yang nantinya akan terjun sebagai seorang guru di suatu sekolah. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai calon guru dilatih bagaimana cara mengajar yang baik dengan cara mempersiapkan materi, mengelola kelas, dan keterampilan lainnya, serta diharapkan mampu untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul selama berlangsungnya proses belajar-mengajar di kelas.
B. Tujuan PPL II
Secara umum PPL II ditujukan untuk membentuk profesionalitas guru atau tenaga kependidikan yang lain. Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang mempunyai seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya sehingga cakap dan tepat menggunakannya di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Secara khusus PPL II bertujuan agar calon guru dapat:
1. Menerapkan berbagai kemampuan professional kegunaan secara utuh dan terpadu di dalam situasi nyata.
2. Mengembangkan aspek pribadi dan aspek sosial di lingkungan sosial.
3. Menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelatihan melalui refleksi tersebut dalam bentuk laporan.
C. Waktu Pelaksanaan PPL II
Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan. Selama waktu tersebut mahasiswa berada di sekolah untuk mengikuti latihan mengajar setiap hari (magang). Waktu pelaksanaan PPL II ini berlangsung dari 3 Agustus s.d. 21 Nopember 2007.
Dengan masa observasi lebih dahulu selama satu minggu, hal ini dilakukan pada minggu pertama yang meliputi perencanaan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas-tugas seorang guru apabila akan mengajar. Pada minggu berikutnya mahasiswa ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan praktik mengajar selama 8 kali dengan 2 kali ujian, yaitu middle test dan final test.
D. Tempat Pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) ini dilaksanakan di SMAN 4 Barabai yang berada di Jalan Surapati Desa Banua Jingah
E. Kegiatan dalam PPL II
Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) yaitu:
a. Materi pokok kegiatan latihan mengajar terbimbing dan mandiri.
1. Penyusunan Program Tahunan, semester dan silabus.
2. Pengembangan materi, media dan sumber belajar.
3. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan analisis materi pelajaran.
4. Pelaksanaan penilaian hasil belajar.
b. Materi pokok kegiatan latihan tugas kegunaan lain.
1. Merencanakan dan melaksanakan administrasi sekolah terutama tugas administrasi guru bidang studi.
2. Merencanakan dan melaksanakan bimbingan konsultasi belajar bidang studi bagi siwa.
3. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan kurikulum dan ekstrakurikuler bagi siswa.
BAB II
RENCANA KEGIATAN PRAKTIK
Mahasiswa yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan dengan sistem magang dalam waktu 3 bulan diharapkan dapat menyelesaikan tugas latihan praktiknya minimal 8 kali pertemuan. Jadwal kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan atau latihan mengajar bagi mahasiswa calon pengajar ini dapat dilihat pada RPP yang dibuat mahasiswa.
Dalam penilaian praktik mengajar, terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. Penilaian berlangsung pada latihan mengajar yang ke-5 sebagai middle test dan latihan mengajar yang ke-8 sebagai final test.
Berikut ini dapat dilihat model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan pada waktu penilaian praktik mengajar.
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 4 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IS 3
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
9. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan dicussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
C. Kompetensi Dasar (KD)
9.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion.
D. Indikator
- Membaca wacana ragam tulis yang dibahas
- Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
- Mengidentifiasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Membaca teks Explanations secara skim dan scan
2. Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
3. Mengidentifiasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek
F. Materi Pembelajaran
EXPLANATION
Social Function: To explain involved in formation or working of natural or sociocultural phenomena.
Generic structure:
• A general statement to position the reader (introductory paragraph).
• A sequenced explanation of why or how something occurs.
• Concluding statement/paragraph (optional)
Significant language features:
• Focus or generic, non-human participans.
• Use mainly of material and rational processes.
• Use mainly of temporal and causal circumtances and conjunction.
• Use of simple present tense.
• Some use of passive voice to get theme right.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Progress, Ganeca Exact for Grade XII
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Berdoa
- Mengabsen
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
Guru memberi beberapa pertanyaan:
1. Can you mention parts of our body? What are there?
2. Can you mention component of speech system? What are there?
• While Activity:
- Guru membagikan teks explanation
- Membaca nyaring bermakna teks explanation
- Siswa mendiskusikan berbagai aspek seperti isis, struktur teks secara berkelompok.
- Berlatih menjawab soal sesuai dengan teks explanation yang dibagikan
• Post Activity :
Menyimpulkam materi yang telah dipelajari
3. Kegiatan Penutup
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam kegiatan pembelajaran
J. Penilaian
a) Teknik : Explanatory text
b) Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
c) Instrumen : Terlampir
K. Referensi
Buku Progress, Ganeca Exact Grade XII Zumakhsin-Yulia Mufarichah
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 5 Agustus 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 5 Agustus 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Kamis tanggal 6 Agustus 2009 jam pelajaran ke 1-2 dan merupakan latihan yang ke 1.
Guru Pembimbing
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IS 2
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan raham bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan tidak melibatkan tindak tutur:
Mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah.
D. Indikator
a. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan.
b. Merespon tindak tutur mengusulkan.
c. Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon.
d. Merespon tindak tutur memohon.
e. Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah.
f. Merespon tindak tutur memerintah.
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi dan meresponbtindak tutur mengusulkan.
2. Mengidentifikasi dan merespon tindak tutur memohon.
3. Mengidentifikasi dan merespon tindak tutur memerintah.
F. Materi Pembelajaran
Can You Tell Me the Story
Listening:
• Listen to the suggestions, requests, and instructions.
• Accept and deny requests.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Developing English Competencies
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Berdoa
- Mengabsen
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa:
What would you say if:
1. You want to make suggestion?
2. You want to respond to someone’s suggestion?
3. You want to respond to someone’s request?
4. You want to respond to someone’s instruction?
• While Activity :
- Guru membagikan materi pelajaran berupa ungkapan-ungkapan dan respon yang digunakan dalam kalimat suggestions, requests, dan instructions.
- Guru terlebih dahulu menjelaskan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam kalimat requests, suggestions, dan instructions.
- Siswa berlatih menggunakan kalimat-kalimat requests, suggestions dan instructions dengan mengisi dialog yang kosong.
• Post Activity :
Menyimpulkam materi yang telah dipelajari
3. Kegiatan Penutup
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam kegiatan pembelajaran
J. Penilaian
• Teknik : Merespon ungkapan-ungkapan mengusulkan, memohon dan memerintah
• Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
• Instruman : Terlampir
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 12 Agustus 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 12 Agustus 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2009 jam pelajaran ke 4-5-6 dan merupakan latihan yang ke 2.
Guru Pembimbing,
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IA 1
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
5.1. Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : report, narrative, dan analytical exposition.
D. Indikator
• Mengidentifikasi tokoh cerita yang didengar.
• Mengidentifikasi kejadian dalm teks yang didengar.
• Mengidentifikasi kasus yang didengar.
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Mengidentifikasi tokoh cerita yang didengar.
2. Mengidentifikasi kejadian dalm teks yang didengar.
3. Mengidentifikasi kasus yang didengar.
F. Materi Pembelajaran
Teks lisan berbentuk narrative.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Developing English Competencies for Grade XI of Natural and Social Science Programmes.
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE ( OKI )
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
Siswa mencari sinonim kata sebelum mendengarkan teks monolog berbentuk narrative.
The following words are taken from the story. With your partner, match them to their synonyms on the right side.
Words Synonyms
1. patient
2. rush
3. careful
4. talk
5. worry
6. almost
7. pull
8. over
9. foolish
10. saying
a) Hurry
b) nearly
c) silly
d) unhurried
e) chat
f) Draw
g) regardful
h) above
i) proverb
j) be anxious
• While Activity :
- Guru menjelaskan apa yang dimaksud teks narrative.
- Guru membagikan lembar kerja kepada siswa.
- Guru memperdengarkan teks monolog kepada siswa.
- Siswa menjawab pertanyaan.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
• Teknik : Teks lisan berbentuk narrative
• Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
• Instruman : Terlampir
K. Referensi
Developing English Competencies for Grade XI of Natural and Social Science Programmes.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 15 Agustus 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 18 Agustus 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2009 jam pelajaran ke 1-2 dan merupakan latihan yang ke 3.
Guru Pembimbing
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI IA 1
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
4. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
4.1. Mengungkapakan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan raham bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan tidak melibatkan tindak tutur:
Menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan persaan relief, pain, dan pleasure.
D. Indikator
• Menggunakan tindak tutur menasehati.
• Merespon tindak tutur menasehati.
• Menggunakan tindak tutur memperingatkan.
• Merespon tindak tutur memperingatkan.
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. Menggunakan dan merespon tindak tutur menasehati
b. Menggunakan dan merespon tindak tutur memperingatkan.
F. Materi Pembelajaran
Speaking: Giving advice and warning
Study the following expressions of giving advice and warnings.
Giving Advice
• I suggest that you ....
• She advises me to do the best.
• You should be patient.
• Everyone should not ....
• Why don’t you ...?
Giving Warnings
• You must not break the rules.
• Please, don’t ....
• I warn you not to ....
• Don’t do that.
• Don’t ....
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Developing English Competencies for Grade XI.
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE (OKI)
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
Guru memberikan beberapa pertanyaan;
1. What do you say if your friend often comec late?
2. What do youy say if you see a little boy playing with fire in his bedroom?
3. Do you friends play truant? Why?
4. Do your parents allow you to watch TV every evening?
• While Activity :
- Guru menjelaskan tentang giving advice dan warnings.
- Mendiskusikan tindak tutur yang didengar.
- Bermain peran secara berpasangan.
- Siswa mengerjakan soal.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
o Teknik : Cara mengungkapkan tindak tutur menasehati dan memperingatkan
o Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
o Instruman : Terlampir
K. Referensi
Developing English Competencies for Grade XI of Language Programme.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 18 Agustus 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 18 Agustus 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2009 jam pelajaran ke 4-5 dan merupakan latihan yang ke 4.
Guru Pembimbing,
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI IA 1
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
9. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan dicussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
C. Kompetensi Dasar (KD)
9.1. Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
D. Indikator
• Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar.
• Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca.
• Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek.
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar.
b. Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca.
c. Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek.
F. Materi Pembelajaran
Reading : Respond to the report text.
Report
Social function : to describe the way things are, with reference to a range of natural, manmade and social phenomena in our environment.
Generic structure :
General classification : introducing the thing that will be talked about.
Description : elaborating and reporting on the
subject in detail.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Developing English Competencies
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Berdoa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
- Guru membagikan teks.
- Guru mengadakan tanya jawab tentang hewan-hewan yang terkenal di berbagai negara dan membedakan antara definition and descripton.
Complete the table below with the correct words. Number one has been done for you.
Country
Indigenous Animal
1. Indonesia
2. ________
3. Australia
4. ________
5. ________ 1. Orangutan
2. Panda
3. ________
4. White elephant
5. Camel
• While Activity :
- Siswa membaca nyaring teks report.
- Siswa berlatih pronunciation beberapa kata sulit.
- Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
• Teknik : Cara mengungkapkan menyampaikan dan meminta pendapat dan kepuasan.
• Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
• Instruman : Terlampir
K. Referensi
Developing English Competencies for Grade XI of Language Programme.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 3 Oktober 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 3 Oktober 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2009 jam pelajaran ke 1-2 dan merupakan latihan yang ke 5.
Guru Pembimbing,
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IA 1
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
4 Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
4.1. Mengungkapakan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan raham bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan tidak melibatkan tindak tutur:
Mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, menyatakan berbagai sikap.
D. Indikator
• Menggunakan tindak tutur menyalahkan/menuduh.
• Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan.
• Menggunakan tindak tutur berjanji.
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Mempraktekkan tindak tutur menyalahkan/menuduh.
2. Mempraktekkan tindak tutur mengakui kesalahan.
3. Mempraktekkan tindak tutur berjanji.
F. Materi Pembelajaran
Speaking:
• Use expression for blaming and accusing
• Use expressino for admitting and denying wrong doing
• Use expression for making a promise and swearing
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : Buku paket Developing English Competencies for Grade XI.
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE (OKI)
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
II. Skenario Kegiatan / Pengalaman Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Berdoa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
Guru memberikan beberapa pertanyaan:
1. Your teacher gave you an assignment to write an essay on a particular topic. You were too busy to write the essay. Then, you copied an article from a magazine. Your teacher know you didn’t write the essay by your self. What might he say?
2. How didi you respond to your teacher’s accusation. Would you admit that you copied the artickle?
3. Would you apologize to you teacher? Would you regret it? How would you express the above?
• While Activity :
- Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar.
- Bermain peran secara berpasangan.
- Siswa mengerjakan soal.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
o Teknik : Cara mengungkapkan tindak tutur menyalahkan, mengakui kesalahan dan berjanji
o Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
o Instruman : Terlampir
K. Referensi
Developing English Competencies for Grade XII of Natural and Science Programmes.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 12 Oktober 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S. Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP.19650314 198601 2 002 NIP. 19630515 199002 1 008 NPM. 3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 12 Oktober 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2009 jam pelajaran ke 4-5 dan merupakan latihan yang ke 6.
Guru Pembimbing,
Sri Isna Hayani, S. Pd
NIP.19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IS 2
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
10. Menggunakan makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan dicussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
10.1. Menggunakan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
D. Indikator
• Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menggunakan conjunction: because, because of, dan due to dengan tepat.
F. Materi Pembelajaran
Writing:
Conjunction: because, because of, and due to
1. Because is used to join two complete sentences together. They show cause and effect.
Firs sentences because second sentence
Pattern:
Examples:
a. I stayed at home because it was raining.
b. I ran out of the house because I heard a loud crash.
2. Because of and due to are used to introduce a cause in the form of noun phrase.
Sentence due to noun phrase
Pattern:
Examples:
a. I stayed at home due to the rain.
b. I couldn’t arrive home on time due to the traffic jam.
Because of noun phrase, sentence.
Pattern:
Examples:
a. Because of the rain, I stayed at home.
b. Because of the traffic jam, I couldn’t arrive home on time.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : English for a better life for grade XII
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Berdoa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
- Guru mengadakan tanya jawab:
1. Who is she/he?
2. Do you like him/her? Why?
• While Activity :
- Guru menjelaskan tentang penggunaan conjunction: because, because of dan due to pada kalimat.
- Siswa berlatih menggunakan conjunction: because, because of dan due to pada kalimat.
- Siswa mengisi kalimat-kalimat yang kosong dengan menggunakan conjunction: because, because of atau due to pada kalimat.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
o Teknik : Conjunction: because, because of, and due to
o Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
o Instruman :
1. Hemp was grown throughout history____________ its versatility. It can be used to make many different things.
2. Many species in the forest are threatened __________ logging takes place almost every day.
3. ____________ the moon’s gravitational pull, there are ocean tides.
4. Many species of wildlife are becoming extinct_________ the rainforest are being destroyed.
5. The Darmawans are moving out of town__________ their house caught on fire.
6. Mr. Tono has to work hard__________ he has to support his big family.
7. The people in this area are malnourished___________ the dense population.
8. The Hermans like to live in their new neighborhood___________ the people there are so friendly.
9. Vita couldn’t attend the class yesterday__________ her illness.
10. ___________ the flood, the houses are all destroyed.
Answer Key:
1. because of/due to
2. because
3. Because of/Due to
4. because
5. because
6. because
7. because of/due to
8. because
9. because of/due to
10. Because of/Due to
K. Referensi
English for a better life for grade XII
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 15 Oktober 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S.Pd Drs. Sirajuddin Asmaul Husna
NIP. 19650314 198601 2 002 NIP. 19639515 199002 1 008 NPM.3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 17 Oktober 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2009 jam pelajaran ke 1-2 dan merupakan latihan yang ke 7.
Guru Pembimbing,
Sri Isna Hayani, S.Pd
NIP. 19650314 198601 2 002
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
A. Identitas : SMA Negeri 2 Barabai
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII IS 1
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Standar Kompetensi ( SK )
10. Menggunakan makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, explanation, dan dicussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Kompetensi Dasar (KD)
10.1. Menggunakan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
D. Indikator
• Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
E. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menggunakan conjunction: because, because of, dan due to dengan tepat.
F. Materi Pembelajaran
Writing:
Conjunction: because, because of, and due to
3. Because is used to join two complete sentences together. They show cause and effect.
Firs sentences because second sentence
Pattern:
Examples:
a. I stayed at home because it was raining.
b. I ran out of the house because I heard a loud crash.
4. Because of and due to are used to introduce a cause in the form of noun phrase.
Sentence due to noun phrase
Pattern:
Examples:
a. I stayed at home due to the rain.
b. I couldn’t arrive home on time due to the traffic jam.
Because of noun phrase, sentence.
Pattern:
Examples:
a. Because of the rain, I stayed at home.
b. Because of the traffic jam, I couldn’t arrive home on time.
G. Media Pembelajaran
Alat : Alat-alat tulis
Bahan : English for a better life for grade XII
H. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
1. Strategi : Contextual Learning
2. Model : Cooperative Learning tipe
OPERAN KERTAS IDE
3. Pendekatan : Pendekatan Konsep
4. Metode : Diskusi Informasi
I. Skenario Kegiatan / Pengalaman Belajar
1. Kegiatan Pendahuluan
- Salam dan tegur sapa
- Mengecek kehadiran siswa
2. Kegiatan Inti
• Pre Activity :
- Guru mengadakan tanya jawab:
3. Who is she/he?
4. Do you like him/her? Why?
• While Activity :
- Guru menjelaskan tentang penggunaan conjunction: because, because of dan due to pada kalimat.
- Siswa berlatih menggunakan conjunction: because, because of dan due to pada kalimat.
- Siswa mengisi kalimat-kalimat yang kosong dengan menggunakan conjunction: because, because of atau due to pada kalimat.
• Post Activity :
Guru memberikan kesimpulan tentang keterampilan berbahasa yang telah dilatihkan.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan siswa kesempatan untuk mengungkapkan hambatan yang dialami siswa selama mengerjakan tugas.
J. Penilaian
o Teknik : Conjunction: because, because of, and due to
o Bentuk : Tes tulis dan tes lisan
o Instruman :
11. Hemp was grown throughout history____________ its versatility. It can be used to make many different things.
12. Many species in the forest are threatened __________ logging takes place almost every day.
13. ____________ the moon’s gravitational pull, there are ocean tides.
14. Many species of wildlife are becoming extinct_________ the rainforest are being destroyed.
15. The Darmawans are moving out of town__________ their house caught on fire.
16. Mr. Tono has to work hard__________ he has to support his big family.
17. The people in this area are malnourished___________ the dense population.
18. The Hermans like to live in their new neighborhood___________ the people there are so friendly.
19. Vita couldn’t attend the class yesterday__________ her illness.
20. ___________ the flood, the houses are all destroyed.
Answer Key:
1. because of/due to
2. because
3. Because of/Due to
4. because
5. because
6. because
7. because of/due to
8. because
9. because of/due to
10. Because of/Due to
K. Referensi
English for a better life for grade XII
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing pada tanggal 15 Oktober 2009 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing, Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Sri Isna Hayani, S.Pd Sirajuddin, S.Pd Asmaul Husna
NIP. 19650314 198601 2 002 NIP. 19639515 199002 1 008 NPM.3060612197
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini telah diserahkan pada tanggal 17 Oktober 2009 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2009 jam pelajaran ke 7-8 dan merupakan latihan yang ke 8.
Guru Pembimbing
Sri Isna Hayani, S.Pd
NIP. 19650314 198601 2 002
BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM PPL II
A. Pelaksanaan Kegiatan Praktik Mengajar
1. Pelaksanaan Praktik Mengajar
Dalam praktik mengajar ini mahasiswa sebagai calon guru dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, agar apa yang disampaikan kepada siswa dapat diterapkan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Untuk memudahkan pencapaian tujuan tesebut calon guru dapat menggunakan alat Bantu atau alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Sebelum praktik mengajar di kelas, mahasiswa diharuskan membuat satuan pelajaran atau rencana pembelajaran. Bahan praktik mengajar ditentukan oleh mahasiswa dengan berpanduan pada silabus yang relevan dan menurut persetujuan Guru Pamong yang mencakup empat skill, yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Materi pembelajaran disusun dalam bentuk Recana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikonsultasikan dengan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing untuk latihan 1 sampai 8. Jika sudah disetujui dan memenuhi segala kriteria yang telah ditentukan, maka siap untuk digunakan sebagai pedoman dalam mengajar.
2. Saran-Saran dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Adapun saran-saran yang diberikan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dari beberapa kali praktik mengajar di depan kelas, dapat disimpulkan sebagai berikut:
a. Menggunakan alat bantu seoptimal mungkin.
b. Sambil mengajar, juga harus diperhatikan keterlibatan siswa di kelas supaya pengelolaan kelas berjalan dengan baik.
c. Gunakan bahasa Inggris diikuti bahasa Indonesia agar instruksi guru dapat dipahami oleh siswa.
3. Hambatan / Kendala
Dalam setiap kegiatan pasti ada kendala-kendala yang dihadapi, walaupun tidak berdampak besar namun bisa menyebabkan kurangnya kepuasan, akan tetapi bila kendala/hambatan itu bisa diminimalisir sedemikian rupa, maka akan dapat mendatangkan kesuksesan bagi kita. Selama praktik mengajar, kendala-kendala yang dihadapi antara lain:
1. Kurangnya kedisiplinan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran, terutama pada pelajaran terakhir.
2. Ada sebagian siswa yang sulit diarahkan dalam proses belajar-mengajar.
3. Keterlambatan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
B. Analisis Pelaksanaan PPL II
.Pelaksaanaan praktik mengajar yang dilakukan merupakan suatu kegiatan yang terencana dan menggunakan media sebagai alat bantu di dalam proses belajar-mengajar, supaya siswa lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pelajaran, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Dalam pelaksanaan praktik mengajar, setiap kali pertemuan diberikan alokasi waktu, di mana mahasiswa PPL II diharapkan dapat menggunakan waktu tersebut seefisien mungkin untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Dalam menggunakan seperangkat pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan kondisi sekolah, terutama yang berhubungan dengan sarana serta mempertimbangkan pula perkembangan dan kemampuan siswa. Di samping itu juga perlu memperhatikan dirinya sendiri, sebelum memberikan materi pelajaran, perlu ada persiapan terlebih dahulu.
Untuk menarik motivasi siswa dalam pelajaran bahasa Inggris, guru perlu menggunakan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan semenarik mungkin, sehingga siswa lebih dapat terpacu dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Realisasi kegiatan belajar mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan baik, apabila adanya persiapan dan penguasaan materi pelajaran yang matang oleh guru tersebut, sehingga tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan kurikulum.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
PPL II yang dilaksanakan bermaksud untuk pembentukan profesionalitas guru sebagai pengajar untuk meningkatkan SDM yang berkualitas tinggi. Selama melaksanakan PPL II di SMAN 4 Barabai penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Sistem magang PPL II, mahasiswa dituntut untuk melaksanakan praktik mengajar sebanyak 8 kali pertemuan, yang diharapkan nantinya mahasiswa akan terlatih jika terjun langsung ke dunia pandidikan dan pengajaran.
2. Sebelum melaksanakan penyajian materi di depan kelas, guru dituntut membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
3. Pelaksanaan praktik mengajar hendaknya perlu kesiapan yang matang baik mental maupun jasmani sehingga dapat melaksanakan kegiatan praktik mengajar di depan kelas.
4. Hambatan/kendala yang timbul dalam praktik mengajar menjadi pengalaman dan koreksi diri, bukan menjadi hal yang membuat pesimis dalam menghadapi kegiatan belajar-mengajar tersebut.
B. Saran-saran
Sebagai akhir dari laporan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) ini, penulis memberikan saran-saran yaitu:
1. interaksi yang ada di sekolah harus ditinggkatkan dan dikembangkan sehingga terjalin rasa persaudaraan dan kekeluargaan.
2. Kepada adik-adik mahasiswayang akan praktik mengajar, gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan tingkatkanlah motivasi serta kreativitas dalam praktik sebagai persyaratan yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin dan sekaligus bekal dalam pengabdian diri pada masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Admin;
Copyright @Catatan Edwan Ansari