Senin, Januari 01, 2024

Syekh Muhammad Syibli bin Syekh Ismail An-Naqari Al-Banjari merupakan satu di antara Ulama Banjar yang hafal seluruh isi kitab I'anatuth Thalibin.

 Hafal Kitab I'anatuth Thalibin 


Syekh Muhammad Syibli bin Syekh Ismail An-Naqari Al-Banjari merupakan satu di antara Ulama Banjar yang hafal seluruh isi kitab I'anatuth Thalibin.




Beliau adik Syekh Ahmad Mughni atau Paman Tuan Guru Haji Muhammad Bakhiet Barabai. Lahir 1913 meninggal di Jambi tahun 1993.


Beliau belajar kepada ulama terkemuka di Haramain, antara lain kepada Syekh Syarwani Abdan dengan mengkhatamkan kutubus sittah. Saat mengajar kutubus sittah, Syekh Syarwani mengajarnya dengan hafalan.


Syekh Muhammad Syibli kemudian juga mengajar di Kota Makkah. Di antara murid beliau adalah Syekh Muhammad Nuruddin Marbu yang saat itu masih anak-anak. Syekh Nuruddin belajar kepada beliau Matan Jurumiyah, Matan bina', Kailani, mutammiyah, Syarah Mukhtasar Jiddan, dan Syarah Tahrir.


Syekh Muhammad Syibli ahli di berbagai disiplin ilmu, terutama di bidang ilmu fiqh dan nahwu. Beliau hafal kitab Tahrir dan Syarahnya karya Syaikhul Islam Zakariya al-Anshori, hafal kitab Fathul Mu'in dan Qurratul 'Ain karya Syekh Zainuddin Malibari, serta hafal kitab I'anatuth Thalibin karya Sayyid Abu Bakar Syatha.


Demikian sedikit kutipan dari kitab Fawa'ih al-Wurud al-Banjariyah karya Syekh Abdussalam An-Naqari Al-Banjari.


Kasarangan, Labuan Amas Utara 02 Desember 2024


-Muhammad Edwan Ansari -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari