Senin, Januari 01, 2024

Bolehkah masjid menerima zakat? Pertanyaan ini dijawab oleh Guru Bangil

Bolehkah masjid menerima zakat? Pertanyaan ini dijawab oleh Guru Bangil dengan tulisan Arab Melayu. Dimuat dalam Bahtsul Masail yang beliau susun.





KH. Hasyim Asy'ari pernah bertanya kepada Guru Bangil KH. Muhammad Syarwani Abdan (1915-1989). 


Bolehkah masjid menerima zakat? Pertanyaan ini dijawab oleh Guru Bangil dengan tulisan Arab Melayu. Dimuat dalam Bahtsul Masail yang beliau susun. Koleksi Ustadz Ahmad Syafe'i.


Syekh Muhammad Syarwani Abdan merupakan paman sekaligus guru spiritual Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni (Guru Sekumpul). Beliau merupakan Khalifah Wali Quthb di Makkah Sayyid Muhammad Amin Kutbi.


Guru Syarwani pernah menimba ilmu kepada Syekh Kasyful Anwar Martapura, Qadhi M Thaha, KH. Ismail Khatib Dalam Pagar, dan Guru Mukhar Thalib. 


Kemudian menimba ilmu di Haramain kepada ulama terkemuka, di antaranya Syekh Hasan Masyath, Sayyid Muhammad Amin Kutbi, Syekh Umar Hamdan, Syekh Muhammad Ali bin Abdullah al-Banjari, Sayyid Alawi bin Abbas Al-Maliki, Syekh Muhammad Arabi, Syekh Abdulloh Bukhari, Syekh Saifullah Dagistan, Syekh Syafi'i Kedah, Syekh Sulaiman Ambon, Syekh Ahyad Bogorz, dll. 


Beliau bersahabat dengan Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani, Syekh Ismail Zain Al-Yamani, dan KH. Abdul Hamid Pasuruan.


Guru Bangil juga dipercaya mengajar di Masjidil Haram Makkah. Beliau ahli dalam berbagai disiplin ilmu keislaman, terutama tafsir, hadis, fiqh, dan tasawuf. 


Di antara karya beliau adalah Adz-Dzakhiratus Tsaminah li Ahlil Istiqomah (simpanan berharga), risalah tuntunan sholat, dan terjemah dan syarah Burdah.


Muhammad Edwan Ansari


Kasarangan, 02 Januari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari