Selasa, Januari 21, 2020

Sedikit Gambaran Tentang Meratus.

Meratus merupakan kawasan pegunungan yang berada di tenggara Pulau Kalimantan serta membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua. Pegunungan ini membentang sepanjang ± 600 km² dari arah baratdaya-timulaut dan membelok ke arah utara hingga perbatasan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Titik tertinggi di rangkaian Pegunungan Meratus adalah Gunung Halau-halau yang memiliki ketinggian 1.901 Mdpl.

Secara geografis kawasan Pegunungan Meratus terletak di antara 115°38’00" hingga 115°52’00" Bujur Timur dan 2°28’00" hingga 20°54’00" Lintang Selatan. Pegunungan ini menjadi bagian dari 8 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin. Sedangkan di Provinsi Kalimantan Timur mencangkup Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Barat bagian selatan. Sementara di Provinsi Kalimantan Tengah meliputi sebagian kecil Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Barito Timur.

Titik tertinggi di rangkaian Pegunungan Meratus adalah Gunung Halau-halau atau Gunung Besar yang memiliki ketinggian 1.901 Mdpl di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun gunung ataupun bukit lain yang menyebar dalam wilayah Meratus adalah:
Kahung Pelaihari, Tanah Laut
Hantanung, Kab. Balangan
Batu Sumsum , Kab. Balangan
Belawan , Kab. Balangan
Hauk,  Tebing Tinggi, Balangan
Batas, Kab. Banjar
Tiwingan, Riam Kanan, Banjar
Bukit Batu , Riam Kanan, Banjar
Tengger, Kab. Banjar
Tirau Hujan, Kab. Banjar
Matang Kaladan, Riam Kanan, Banjar
Tabuan, Riam Kanan, Banjar
Kupang, Kab. Banjar
Langara, Loksado, HSS
Panginangan Ratu, HSS
Priuk, HST - HSS
Sarai, Hulu Sungai Selatan
Tatapan, Hulu Sungai Selatan
Batu Baduduk,  Hulu Sungai Selatan
Kentawan, Hulu Sungai Selatan
Batu Laki, Hulu Sungai Selatan
Batu Bini, Hulu Sungai Selatan
Jambangan, Kab. Kotabaru
Batu Buli, Kab. Tabalong
Priyangan, Pelaihari, Tanah Laut
RimpI, Pelaihari, Tanah Laut
Lintang, Pelaihari, Tanah Laut
Biluan, Binuang, Tapin
Mandiangin, Banjar
Priyangan, Pelaihari, Tanah Laut
Dll

Adapun sungai sungai yang berasal dari pegunungan ini diantaranya adalah Sungai Riam Kanan (Sungai Martapura), Sungai Riam Kiri, Sungai Negara, Sungai Asamasam, Sungai Kintap, Sungai Satui, Sungai Sebanban, Sungai Kukusan, Sungai Batulicin, Sungai Cantung, Sungai Sampanahan, Sungai Durian, Sungai Cengal, Sungai Pasir, Sungai Long Kali, Sungai Riko, Sungai Tapin dan Sungai Sepaku, Sungai Amandit, Sungai Haruyan, Sungai Barabai (Labuan Amas), Sungai Alai, Sungai Pitap, Sungai Halung, dlll













Bersambung...

Sumber : By Incus srilah Fatih salma
Editor : Muhammad Edwan Ansari

COPYRIGHT © Sahabat Edwan Ansari, Barabai,  Kalimantan Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Edwan Ansari